Kamis, 29 Juni 2023

Pantaskah kita mengeluh? duka kita tak sebanding dg lara yang dirasa oleh Rasullulah shallalahu alaihi wasalam

1. Apakah engkau pernah berduka karena kematian orang tuamu? Sesungguhnya Rasulullah semenjak kecil ditinggal wafat kedua ibu bapaknya. 

2. Apakah engkau pernah bersedih karena kematian orang yg kamu cintai? Sesungguhnya Rasulullah ditinggal wafat ke-enam putra-putrinya dan ditinggal wafat pula oleh istri tercintanya. 

3. Apakah engkau pernah bersedih karena kekurangan harta? Sesungguhnya dahulu sebulan lamanya, tidak dinyalakan api di rumah Rasulullah

4. Apakah engkau pernah bersedih karena dikucilkan oleh komunitasmu? Sesungguhnya Rasulullah pernah dilempari batu dan diusir dari kampung halamannya. 

5. Apakah engkau pernah bersedih karena ocehan, dan cemoohan orang kepadamu? Sesungguhnya Rasulullah pernah dituduh: Pendusta, dukun, penyihir dan penyair. 

6. Apakah engkau pernah mengalami ketakutan? Sesungguhnya dahulu Rasulullah dikhianati, diancam pembunuhan, diracun dan disihir. 

Nabi kita:

Yatim piatu, ditinggal wafat oleh istri dan putra-putrinya, kekurangan harta Dan makanan, dilempari batu, diusir, dikhianati, diancam untuk dibunuh, diracun, disihir, didustakan, dituduh penyihir dan penyair.... Alangkah sabarnya dirimu ya rasulullah... 

Pantaskah kita mengeluh? duka kita tak sebanding dg lara yang dirasa olehnya. 

Ya Allah kumpulkan kami dengan nabimu yang Mulia dan para sahabatnya yang setia. 

اللهم صل وسلم عليه وعلى ٱله وصحبه أجمعين.
Ustadz Dr Fadlan fahamsyah