Alhamdulillah Aqidah Imam As-syafi'i adalah aqidah yang berada diatas al-qur’an dan As-sunnah terutama dalam masalah bab asma' wa sifat..
Yang menjadi bukti akan hal ini adalah riwayat2 yang di nukil dari beliau yang menunjukkan akan aqidah beliau yang lurus dan menetapkan bahwa Allah diatas Arsy.
Riwayat2 tersebut telah dinukil oleh sejumlah ulama yang tidak diragukan lagi keilmuaannya, diantara mereka:
1. Ibnu Qudamah dalam kitabnya itsbats sifat Al-uluw hal.180
2. Ibnu Taimiyah dalam Majmu' fatawa (4/182)
3. Adz-dzhabiy dalam kitabnya Al-Arsy (2/289)
Loh bukannya riwayat itu berasal dari Abul Hasan Al-Hakkary seorang yang dikenal sebagai tertuduh pendusta?
Berikut Jawabannya:
1. Riwayat tersebut datang dengan sanad yang diriwayatkan oleh Abul Hasan Al-Hakkary dan Abu Muhhamad Al-Maqdisy dengab sanadnya sampai kepada Abu At-Tsaur dan Abu Syu'aib dari Imam Asy-Syafi'i
2. Dari sanad diatas kita tau bahwa sanad riwayat aqidah Imam As-syafi'i bukan hanya melalui jalur Abul Hasan Al-Hakkary tapi ada jalur lain yaitu Abul Muhhammad Al-Maqdisiy, sehingga kalaupun riwayat Al-Hakkary tidak bisa diterima lantaran karena beliau tertuduh pendusta, disana masih ada jalur lain yang bisa kita pakai untuk mengetahui aqidah Imam Asy-syafi'i.
3. Pernyataan bahwa Al-Imam Asy'syafi'i menetapkan Allah diatas arsy juga disebutkan oleh Abu Utsman As-shobuniy seorang ulama Asy-syafi'iyah dalam kitabnya Aqidatu Salaf Wa Ashabul Hadist hal: 188, dimana beliau berkata:
• وإنما احتج الشافعي رحمة الله عليه على المخالفين في قولهم بجواز إعتاق الرقبة الكافرة في الكفارة بهذا الخبر؛ لاعتقاده أن الله سبحانه فوق خلقه، وفوق سبع سمواته على عرشه، كما هو معتقد المسلمين من أهل السنة والجماعة، سلفهم وخلفهم؛ إذ كان رحمه الله لا يروي خبرا صحيحا ثم لا يقول به
“ Sesungguhnya Asy-Syafi'i berhujjah kepada orang2 yang menyelisihi beliau dalam masalah bolehnya memerdekan budak yang yang kafir dalam masalag kafarah dengan khabar ini, KARENA MEMANG BELIAU MEYAKINI BAHWA ALLAH DIATAS MAKHLUKNYA, DAN DIATAS LANGIT YANG TUJUH DIATAS ARSYNYA,sebagaimana ini adalah keyakinan kaum muslimin dari kalangan Ahlu Sunnah wal Jama'ah baik dari kalangan salaf maupun kholaf, karena beliau tidaklah beliau tidaklah meriwayatkan khobar yang shahih melainkan beliau berpendapat demikian.”
4. Yang menjadi penguat juga bahwa Imam As-Syafi'i berkeyakinan Allah diatas Arsynya adalah pendapat Murid terdekat beliau Al-Imam Al-Muzanniy yang meyakini Allah diatas Arsynya.
Beliau berkata dalam kitabnya Syarhu As-Sunnah:
عال على عرشه في مجده بذاته وهو دان بعلمه من خلقه
“Allah berada diketinggian diatas Arsynya dengan dzatnya sesuai keagungannya, dan dia dekat dengan makhluknya dengan ilmunya” (Syarhu As-sunnah hal:75)
Demikian semoga bermanfaat Baarakallahu fiikum...
Ustadz agus susanto