Kamis, 07 September 2023

Syaikh Muhammad Ali Adam Al-Etsyubi Keajaiban Zaman ini

*Syaikh Muhammad Ali Adam Al-Etsyubi Keajaiban Zaman ini*

Syaikh Muhammad Ali Adam Al Etsyubi adalah putra dari Al-'Allamah Ali Adam Al-Etsyubi yang menjadi mufti negri Habasyah. Syaikh Muhammd Ali Adam Al Etsyubi pada saat ini beliau adalah manusia yang paling mengetahui tentang ilmu hadits dan sunnah, serta tidak didapatkan ada manusia yang lebih 'alim dari beliau tentang sunnah setelah Al-Albani.

Sampai beliau dipuji oleh Imam Abdul Aziz bin Baz, Imam Ibnu Utsaimin, Syaikh Rabi', Syaikh Fauzan, Syaikh Abdul Karim Al-Khudhair, Mufti 'Amm. Dan syaikh Abdurrahman As-Sudais jika melihat Syaikh Ali Adam ia mencium kepala beliau sembari berkata ; Wahai imam ahli hadits serta ustadznya, wahai dokter hadits dan ilalnya.

Kejadian ini mengingatkanku pada Imam Muslim setiap kali beliau bertemu Imam Al-Bukhari senantiasa mencium tangan beliau sembari berkata ; Engkau adalah ustadz nya para ustadz wahai dokter hadits di dalam ilal-nya.

Syaikh Muhammad Ali Adam mensyarah shahih Muslim di dalam kitab berjudul Al-Bahrul Muhith Ats-Tsajad Syarah Shahih Muslim bin Hajaj dalam 45 jilid, masing-masing jilid terdiri dari lebih dari 650-700 halaman.

Beliau juga mensyarah Sunan An-Nasa'i dalam kitab berjudul Dzakhiratul 'Uqba Fi Syarhil Mujtaba Lin Nasa'i terdiri dari 45 jilid setiap jilid terdiri lebih dari 600-700 halaman.

Beliau juga mensyarah Sunan Ibnu Majah, mensyarah Shahih Bukhari, dan beliau memiliki Alfiyah dan beliau termasuk sastrawan dan pakar Bahasa arab yang paling utama di zaman ini tak ada yang menandingi beliau dalam hal ini.

Sampai Syaikh Abdul Aziz seorang ulama yang usia nya telah mencapai 90 tahun lebih tatkala menghadiri pengajian shahih Bukhari Bersama kami disampaikan oleh Syaikh Ali Adam beliau berkata ; Kedua mataku ini belum pernah melihat ada seorang imam yang ilmunya laksana gunung seperti ini.

Beliau juga berkata ; Dia ini berkebangsaan Ethiopia akan tetapi dia adalah seorang arab yang tulen di dalam bahasanya.

Syaikh Muhammad Ali Adam Al-Etsyubi memiliki Alfiyah, bait Alfiyyah (ribuan bait syair) di setiap cabang disiplin ilmu Islam. Beliau memiliki alfiyyah di dalam ilmu 'ilal hadits Namanya Mandzumatul 'ilal yang terdiri dari 1400 bait dan beliau telah mensyarahnya di masjidil Haram Mekah.

Beliau memiliki Alfiyah dalam ilmu Faraidh terdiri lebih dari 1000 bait, beliau juga memiliki alfiyah di dalam ilmu ushul fiqih terdiri dari 3200 bait. Beliau memiliki alfiyah dalam bidang tauhid terdiri dari 2800 bait.

Aku sampai berfikir di dalam hatiku seandainya Imam As-Suyuthi atau Imam Al-Iraqi bertemu dengan Syaikh Muhammad Ali Adam niscaya mereka akan mencium kepala beliau karena saking banyaknya ilmu yang beliau miliki. 
Banyak sekali para ulama sunnah di zaman ini mensifati Syaikh Muhammad Ali Adam sebagai lautan ilmu tak bertepi.

Beliau adalah imam di dalam ilmu Sharaf menulis kitab dan menulis alfiyah di dalam cabang ilmu nahwu dan Sharaf. Beliau memberikan koreksi terhadap Ibnu Ajurrum (penulis Jurumiyah) dalam 700 bait, lantas beliau mengeluarkan mandzumah yang diberi nama Al-Mutammmah Alal Ajurumiyah (Penyempurna Jurumiyah), dan beliau mengajarkan kitab ini kepada kita di masjidil haram semoga Allah senantiasa menjaga beliau.

Beliau juga menulis ringkasan biografi perawi yang ada di dalam kutubus sittah yang diberi nama Qurratul 'Ainain Fi Raijalis Shahihain.

Syaikh Muhammad Ali Adam menghafal kutubus sittah lengkap dengan isnadnya dan beliau memiliki lebih dari 1000 ijazah yang bersambung sampai kepada Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam di dalam ilmu Hadits, Al-Qur;an dan Nahwu dan cabang ilmu lainnya.

Beliau ini terus terang saja tak ada yang mampu menandingi beliau di zaman ini, nahsabuhu kadzalika wallahu hasibuhu. 
Beliau adalah imam di dalam kezuhudan, imam di dalam ketawahu'an, serta imam di dalam ibadah. Demi Allah aku bergaul dengan beliau serta hadir di rumah beliau selama tiga bulan lamanya, di mayoritas hari-hari yang ada beliau tidak makan kecuali sederhana yaitu berupa air sembari berkata ; Ini sudah cukup.

Beliau adalah imam yang mulia tidak ada bandingannya semoga Allah senantiasa menjaga beliau. Beliau sangat mencintai Syaikh Bin Baz dan hadir bertemu beliau sekira tiga puluh lim atahun yang lalu. Tatkala keluar Syaikh Bin Baz berkata ; Kalian mendatangkan kepadaku ulama dari ulama umat ini, kalian mengatakan dia ini penuntut ilmu ? tidak bahkan dia adalah imam diantara para imam.

Kemudian Syaikh Bin Baz menunjuk beliau sebagai pengajar di masjidil haram dan pengajar di mahad Darul Hadits Al Khairiyah untuk mengajari manusia ilmu syar'i. Syaikh Muhammad Ali Adam mengahafal seluruh kitab-kitab sunnah, kitab-kitab fiqih madzhab yang empat, kitab tafsir beliau menghafalnya.

Beliau seorang pengajar, beliau mengajari kami tafsir, fiqih, nahwu, ushul, hadits semua beliau ajarkan di masjidil Haram di Mekah kira-kira selama 8 tahun alhamdulillah

dialihbahasakan secara bebas oleh abulaswad