Kamis, 28 September 2023

Sampai pencuri kawakan pun memberi semangat ke Imam Ahmad.

Sampai pencuri kawakan pun memberi semangat ke Imam Ahmad.

Ibnu Al-Jauzi dalam kitab Manaqib Al Imam Ahmad hal. 450 menulis:
“Abdullah bin Ahmad putra Imam Ahmad menceritakan, Aku mendengar ayahku sering kali mengucapkan “semoga Allah mengampuni Abu Haitsam, semoga Allah merahmati Abu Haitsam Al-Haddad. Ketika aku dikeluarkan untuk dicambuk dan kuulurkan tangan kepada algojo tiba-tiba ada seorang menarik bajuku dari belakang. Dia berkata, “Kau kenal aku?!”
Kujawab, “Tidak.”
Dia berkata, “Aku Abu Haitsam Al-‘Ayyar, sang pencuri kawakan. Namaku tertulis di dewan Amirul Mukminin. Aku telah dicambuk sebanyak delapan belas ribu kali, tapi aku teguh bertahan di jalan setan demi dunia. Maka kau harus lebih kuat bertahan di jalan Allah demi agama!”
Lalu aku mendapatkan 18 kali cambukan saja, dibanding dia yang mendapatkan 18 ribu kali cambukan.
================

Kalimatnya yang bikin bergetar:
وصَبرتُ فى ذلك على طاعة الشيطان لأجل الدنيا, فاصبر أنتَ فى طاعة الرحمن لأجل الدين.
"Aku bersabar menghadapi cambukan itu karena taat kepada setan demi dunia. Maka kau harus lebih sabar karena taat kepada Allah demi agama."
ustadz a taslim