Senin, 11 September 2023

MEMANG SUNGGUH SANGAT AMAT BERAT...BERAT SEKALI

MEMANG SUNGGUH SANGAT AMAT BERAT...BERAT SEKALI..

TAPI DEMIKIANLAH RASULULLAH  MEMBERIKAN PESAN UNTUK UMATNYA...

قال رسول الله صلى الله علس وسلم.
سَتَكُونُ أثَرَةٌ وأُمُورٌ تُنْكِرُونَها، قالوا: يا رَسولَ اللَّهِ، فَما تَأْمُرُنا؟ قالَ: تُؤَدُّونَ الحَقَّ الذي علَيْكُم، وتَسْأَلُونَ اللَّهَ الذي لَكُمْ. (رواه البخاري)

RasuluAllah shallahuaihi wasallam bersabda,"akan ada sifat ego (mementingkan diri sendiri/golongan) dan perkara-perkara yang kalian akan ingkari..." mereka bertanya," apa yang harus kami lakukan ya RasuluAllah?..".
Beliau menjawab," tunaikan apa yang menjadia kewajiban kalian, dan mintalah (berdoa kepada Allah) agar Allah memberikan hak kalian".(HR. Al-bukhari)

Dalam riwayat yang lain, RasuluAllah bersabda,"
فَاصْبِرُوا حتَّى تَلْقَوْنِي علَى الحَوْضِ.
"...bersabarlah, hingga kalian bertemu saya di telaga".(HR. Al-bukhari).

Syekh Ustaimin menjelaskan,"maksud hadist RasuluAllah itu adalah, bahwa kelak akan ada pemimpin yang memimpin kaum muslimin, yang memliki sifat ego, dholim, mementingkan diri sendiri/golongan, yang akan merampas harta kaum muslimin, mereka akan mengalokasikan harta tersebut sesuai keinginan mereka, dan mereka menahan hak-hak/harta kaum muslimin, maka RasuluAllah memberikan penjelasan bagaimana sikap yang harus di ambil oleh kaum muslimin :

1. Bersabar dan tetap taat dan mendengar kepada para pemimpin tersebut.

2. Meminta hak mereka kepada Allah, berdoa kepadaNya, agar Allah mengembalikan hak mereka (Allah maha kuasa dan sangat mampu mengembalikan hak mereka dengan cara Allah sendiri).

3. Berdoa kepada Allah agar mereka diberi hidayah. 

4. Bagi yang bersabar, kelak Allah akan memberikan balasan diakherat, dengan bertemuanya bersama RasuluAllah di telaganya. (syarah riyadhusholihin 1/280).

Allahualm.
Ustadz Mustofa Ahmada