Minggu, 10 September 2023

Kalau di Masjid Nabawi ada Syaikh Abdurrozzaq, maka di Masjidil Haram ada Syaikh Hasan Bukhari.

Kalau di Masjid Nabawi ada Syaikh Abdurrozzaq, maka di Masjidil Haram ada Syaikh Hasan Bukhari.
Mungkin itulah gambaran yang bisa saya ungkapkan  ketika duduk di majelis Syaikh Hasan Bukhari.

Beliau memang  seorang ushuly (ahli ushul fikih), tapi pembahasan-pembahasan hati/tazkiyatunnufus yang beliau bawakan seringkali masuk dalam hati. Nada bicara beliau yang lembut dibalut dengan kecakapan bahasa yang luar biasa, sangat nikmat untuk didengar, kayak ada manis-manisnya (tapi ini bukan air mineral).

Kemarin Alhamdulillah, sempat duduk di majelis beliau dalam pembahasan kitab Ihkamul Ahkam Syarah Umdatul Ahkam. Sudah sampai di hadits ke-49. Ibnu Daqiq menjelaskan perbedaan pendapat ulama tentang ta'yin sholat wustha, apakah sholat ashar atau sholat subuh.
Dan Ibnu Daqiq Al-'ied lebih memilih pendapat sholat wustha itu adalah sholat ashar, yang itu pendapat mazhab Hanafi dan Hambali. Beliau menyelisihi pendapat 2 mazhabnya sendiri, Maliki dan Syafii.

Kemudian, Ibnu Daqiq membawakan 5 pendalilan ulama yang beranggapan sholat wustha itu adalah sholat subuh, kemudian beliau kritik pendalilan tersebut.

Menyimak diskusi Ibnu Daqiq dari lisannya Syaikh Hasan Bukhari, punya rasa nikmat tersendiri. Alhamdulillah.

Bagi penuntut ilmu yang ada kesempatan berkunjung ke masjidil haram, jangan lewatkan kajian beliau ini. Kajian beliau ada di kursi 12 perluasan Malik Fahd setiap Rabu ba'da isya, dan Kamis ba'da Maghrib.

===============================================================
Umrah bersama BATIK - Hajj, Umrah and Trading 
Jamaahnya nyantri, pembimbingnya juga nyantri.
Ustadz Ihsan Muhammad