Kamis, 07 September 2023

Anak-Anak Yang Hebat Di Masa Nabi

Anak-Anak Yang Hebat Di Masa Nabi

Sore nanti, saya akan membahas tentang tema “Menumbuhkan Keahlian Sosialisasi Anak” di Anak Muslim Ceria. Biasanya sebelum mengajar, saya selalu berusaha untuk belajar, mengaji, dan menelaah. Harapannya agar materi yang disampaikan benar-benar berkesan dan bermakna. 

Salah satu materi yang saya dengarkan pagi ini adalah tentang kehebatan anak-anak di masa Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam dibidang sosial. Saya takjub dengan beberapa sikap anak-anak berikut ini. 
1. Abdullah bin Zubair
2. Anas bin Malik

Tentang Abdullah bin Zubair, dikisahkan oleh al-Mawardi di dalam kitab “Adab Dunia dan Agama”. Begini kisah lengkapnya:

أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - مَرَّ بِصِبْيَانٍ يَلْعَبُونَ وَفِيهِمْ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ فَهَرَبُوا مِنْهُ إلَّا عَبْدَ اللَّهِ. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -: مَا لَك؟ لِمَ لَا تَهْرَبُ مَعَ أَصْحَابِك؟ فَقَالَ: يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ لَمْ أَكُنْ عَلَى رِيبَةٍ فَأَخَافُك، وَلَمْ يَكُنْ الطَّرِيقُ ضَيِّقًا فَأُوَسِّعُ لَك

“Umar bin Khothob radhiyallahu ‘anhu melewati beberapa anak kecil. Mereka sedang bermain. Di antara anak-anak tersebut ada Abdullah bin Zubair. Seluruh anak lari melihat Umar, kecuali Abdullah bin Zubair.”

Sebelum kita lanjutkan kisahnya, tentu kita harus mengingat bahwa Umar adalah seorang yang sangat berwibawa. Ditakuti bukan hanya oleh manusia, tapi syaithon pun takut. Tapi hebatnya Abdullah bin Zubair ini tidak takut. Umar pun mereka tidak biasa, beliau pun akhirnya bertanya. Nah kita lanjutkan kisahnya. 

“Umar bertanya: ‘Kenapa kamu tidak lari seperti mereka?’ Abdullah bin Zubair pun menjawab dengan jawaban yang luar biasa. ‘Wahai Amirul Mukminin, saya tidak berbuat kesalahan, sehingga aku tidak perlu takut kepadamu. Aku juga melihat jalannya luas sehingga aku tidak harus memberikan jalan untukmu.’”.

Kalimat beliau ini sangat luar biasa! Anak-anak yang bisa bersikap seperti ini di hadapan orang besar tentu bukan anak biasa! Pasti ini adalah anak yang memiliki kemampuan bersosial yang tinggi. Perlu diketahui! Abdullah bin Zubair lahir tahun 1 H. Artinya umur beliau dalam kejadian ini maksimal adalah 23 tahun. Karena Umar wafat pada tahun 23 H. Hebatkan?!

Kemudian tentang Anas bin Malik. Beliau adalah seorang anak yang ketika Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam wafat, baru berumur 20 tahun. Artinya masih sangat muda dan anak-anak. Bisa jadi sikap beliau yang akan kami bawakan ini terjadi sebelum beliau berumur 20 tahun. Begitu ceritanya. 

Imam Muslim meriwayatkan di Kitab Shahihnya dengan nomer 2482. 

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ، حَدَّثَنَا بَهْزٌ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، أَخْبَرَنَا ثَابِتٌ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: أَتَى عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَأَنَا أَلْعَبُ مَعَ الْغِلْمَانِ، قَالَ: فَسَلَّمَ عَلَيْنَا، فَبَعَثَنِي إِلَى حَاجَةٍ، فَأَبْطَأْتُ عَلَى أُمِّي، فَلَمَّا جِئْتُ قَالَتْ: مَا حَبَسَكَ؟ قُلْتُ بَعَثَنِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِحَاجَةٍ، قَالَتْ: مَا حَاجَتُهُ؟ قُلْتُ: إِنَّهَا سِرٌّ، قَالَتْ: لَا تُحَدِّثَنَّ بِسِرِّ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَدًا قَالَ أَنَسٌ: وَاللهِ لَوْ حَدَّثْتُ بِهِ أَحَدًا لَحَدَّثْتُكَ يَا ثَابِتُ

Anas berkata, “Suatu hari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam mendatangiku. Saat itu aku sedang bermain dengan anak-anak yang lainnya. Beliau mengucapkan salam kepada kami, lalu mengutusku untuk membantu beliau dalam sebuah keperluan. Gara-gara aku mendapatkan tugas ini, aku terlambat pulang, sehingga ketika aku datang ibukku bertanya, “Anas apa yang membuatmu terlambat datang?” Aku jawab, “Ibu aku tadi diminta untuk membantu salah satu keperluan Nabi. Nabi mengutusku pada suatu hajat.” Ibuku bertanya, “Apa hajat beliau?” Aku jawab, “Maaf bu! Ini adalah rahasia Rasulullah.” Ibuku pun berkata, “Jangan pernah berbicara tentang rahasia Rasulullah kepada siapapun.””

Coba perhatikan! Anak zaman sekarang berapa banyak yang bisa bersikap seperti ini? Apakah kita temui ada seorang anak yang berani berkata kepada orang tuanya, “Maaf bu! Ini adalah rahasia. Aku harus menjaganya.” Atau kita temui kebanyakan anak pada hari ini tidak bisa menjaga rahasia?! 

Ratno Abu Muhammad Lc M Ag
Kamis, 7 September 2023