MAKHLUK TAK BERJISIM
Salah satu hikmah terbesar yang saya rasakan ketika kuliah di ITS Surabaya (Jurusan Fisika FMIPA) adalah menemukan mosaik batu loncatan untuk meninggalkan akidah Asya‘irah semakin mantap, yakni ketika masuk pada matkul fisika kuantum, pelajarannya tentang partikel dan karakteristiknya.
Ada partikel yang disebut dengan Foton dan Gluon, yang mana dua partikel ini tidak berjisim. Jika triliunan foton (misalnya 11.000 T) ini berkumpul, maka akan menjadi cahaya yang bisa kita lihat.
Interval...
Jika ada orang yang mengampanyekan bahwa “Allah tidak berjisim”, “Allah bukan jisim”, dan semisalnya maka orang tersebut telah jatuh pada tasybih, karena sifat tidak berjisim adalah juga sifat makhluk-Nya.
Disamping jatuh pada tasybih, kaidah kalamiyyah “hudusul-ajsam” juga gugur dan harus diganti dengan “hudus bilaa ajsam”. Oleh karena itu, dari mosaik ini, prinsip akidah Asya‘irah tidak sahih dari sudut sains, lebih tidak sahih lagi dari sudut riwayat (atsar).
Dengan demikian, mengatakan (secara terpaksa atau suka rela) bahwa Allah tidak berjisim, seperti yang dikatakan oleh orang yang mengaku Aswaja, itu tidak benar karena mentasybih (menyamakan) Allah dengan makhluk yang tidak berjisim. Mengatakan Allah berjisim, seperti yang dikatakan kaum Musyabbihah, juga tidak benar.
Yang benar adalah seperti yang dikatakan oleh Imāmuna Nāshirussunnah Asy-Syāfi‘ī ketika ditanya tentang Allah:
لله تبارك وتعالى أسماء وصفات جاء بها كتابه وأخبر بها نبيه - صلى الله عليه وسلم - أمته لا يسمع أحدا من خلق الله قامت عليه الحجة أن القرآن نزل به وصح عنه بقول النبي صلى الله عليه وسلم فيما روى عنه العدل فإن خالف ذلك بعد ثبوت الحجة عليه فهو بالله كافر فأما قبل ثبوت الحجة عليه من جهة الخبر فمعذور بالجهل لأن علم ذلك لا يدرك بالعقل ولا بالروية والفكر ونحو ذلك أخبار الله سبحانه وتعالى أتانا أنه سميع وأن له يدين بقوله " بل يداه مبسوطتان " وأن له يمينا بقوله " والسموات مطويات بيمينه " وأن له وجها بقوله " كل شيء هالك إلا وجهه " وقوله " ويبقى وجه ربك ذو الجلال والإكرام " وأن له قدما بقول النبي - صلى الله عليه وسلم -: " حتى يضع الرب فيها قدمه " يعني جهنم وأنه يضحك من عبده المؤمن بقول النبي - صلى الله عليه وسلم - للذي قتل في سبيل الله " إنه لقي الله وهو يضحك " إليه وأنه يهبط كل ليلة إلى سماء الدنيا بخبر رسول الله - صلى الله عليه وسلم - بذلك وأنه ليس بأعور بقول النبي - صلى الله عليه وسلم -: " إذ ذكر الدجال فقال: إنه أعور وإن ربكم ليس بأعور " وأن المؤمنين يرون ربهم يوم القيامة بأبصارهم كما يرون القمر ليلة البدر وأن له إصبعا بقول النبي - صلى الله عليه وسلم -: " ما من قلب إلا وهو بين إصبعين من أصابع الرحمن عز وجل " فإن هذه المعاني التي وصف الله بها نفسه ووصفه بها رسوله - صلى الله عليه وسلم - مما لا يدرك حقيقته بالفكر والروية فلا يكفر بالجهل بها أحد إلا بعد انتهاء الخبر إليه بها فإن كان الوارد بذلك خبرا يقوم في الفهم مقام المشاهدة في السماع وجبت الدينونة على سامعه بحقيقته والشهادة عليه كما عاين وسمع من رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ولكن يثبت هذه الصفات وينفي التشبيه كما نفي ذلك عن نفسه تعالى ذكره فقال: " ليس كمثله شيء وهو السميع البصير.
“(bersambung)...”
Salam Persahabatan,
Alfan Edogawa