Senin, 26 September 2022

Ada seorang pria hendak menjual rumahnya. Saat para pembeli berdatangan, dia berkata, “rumahku ini aku hargai 2 ribu dan ketetanggaanku dengan Abu Hamzah aku hargai 2 ribu, total 4 ribu dinar.”

Ada seorang pria hendak menjual rumahnya. Saat para pembeli berdatangan, dia berkata, “rumahku ini aku hargai 2 ribu dan ketetanggaanku dengan Abu Hamzah aku hargai 2 ribu, total 4 ribu dinar.”

Mereka berkata, “kami baru tahu kalau tetangga dijual juga!” maka pria ini menjawab, “bagaimana mungkin kuberikan gratis untuk kalian seorang tetangga yang di saat aku minta ia memberi, saat aku minta tolong dia membantu, saat aku fakir dia mencukupkan, jika aku tidak ada dia menjaga keluarga dan anakku.”

Namun tatkala sang tetangga Abu Hamzah mengetahui bahwa tetangganya akan menjual rumahnya, dia kemudian mengirim uang senilai 4 ribu dinar kepadanya dan berpesan, “jangan kau jual rumahmu!”

(At-Turatsul Adabi Al-'Arabi)

Subhanallah, tetangga seperti ini sebenarnya tidak bisa dinilai walau 2 ribu keping emas.
Ustadz yuspian