Minggu, 12 Juni 2022

Sampai kapan pun aqidah yang benar adalah aqidah para ulama terdahulu

Dr. Tsa'ir al-Hallāq:

"Aku menelaah kitab-kitab aqidah bersanad selama enam bulan, maka aku dapati apa yang tidak aku dapati selama dua puluh tahun ketika mempelajari ilmu kalam dan filsafat. Aku dapati dari kitab aqidah bersanad kritikan dan bantahan dengan istilah yang sangat kritis, sangat tepat dan sangat ringkas.

Sungguh aku dahulu berada pada kelalaian yang besar."

Syeikh Sa'd al-Trukmani:

"Saya tumbuh dengan mempelajari kitab-kitab aqidah al-Asy'ariyah, saya hafal kitab al-Jauharah karya al-Laqqāni dan al-Kharīdah karya al-Dardīr dan saya mempelajari syarah kedua kitab tersebut bersama para masyaikh. Saya juga mempelajari mantiq dan ilmu kalam sebelum saya berusia lima belas tahun. Tdak lah saya dapati faedah dari pelajaran tersebut, saya berada pada kebingungan dan kerugian ketika mempelajari apa itu wājib al-wujūb, al-qidam, al-hudūts dan al-ajsām. Sampai akhirnya saya membaca kitab-kitab aqidah ulama salaf, maka aku pun sampai kepada mengetahui Allah ta'āla dengan nama dan sifat-Nya."

_______________
Sampai kapan pun aqidah yang benar adalah aqidah para ulama terdahulu. Aqidah yang tidak tercampur pemikiran para filosof kafir.
https://www.facebook.com/100063284692092/posts/pfbid02wd9SeduayaixdoKRu2A9wLJiNHpwmx4jeHsZKMUbdnSXX4apCcEB638Zdnk7TWhMl/
Ustadz erlangga
Rujukan aqidah asyari 
Aqidatul Awwam
Ummul Barahin
Kharidah Bahiyyah
Jauharat Tauhid
 al-Iqtishad fi al-I'tiqad