Senin, 27 Juni 2022

Pengaruh Istri Terhadap Kehidupan Suami..

Pengaruh Istri Terhadap Kehidupan Suami..

==========
*⭕️ صلاح المرأة وفسادها يؤثران في الزوج*

Baik dan buruknya istri sangat memberi pengaruh kepada suami.

*♦️ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ - ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ :
ﻭﻗﻔﺖُ ﻋﻠﻰ ﺑﺰّﺍﺯ (بائع الثياب) ﺑﻤﻜﺔ ﺃﺷﺘﺮﻱ ﻣﻨﻪ ﺛﻮﺑﺎً ، ﻓﺠﻌﻞ ﻳﻤﺪﺡ ﻭﻳﺤﻠﻒ ، ﻓﺘﺮﻛﺘﻪ ﻭﻗﻠﺖُ : ﻻ ﻳﻨﺒﻐﻲﺍﻟﺸﺮﺍﺀ ﻣﻦ ﻣﺜﻠﻪ ، ﻭﺍﺷﺘﺮﻳﺖُ ﻣﻦ ﻏﻴﺮﻩ .

Imam Hasan Basri berkata, Aku pernah berada di tempat penjual kain di Mekah untuk membeli pakaian, akhirnya dia memuji-mujiku dan bersumpah maka aku tinggalkan dan aku berkata, tidak patut aku membeli pakaian dari orang seperti ini akhirnya aku membeli dari selainnya.

ﺛﻢ ﺣﺠﺠﺖُ ﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ ﺑﺴﻨﺘﻴﻦ ، ﻓﻮﻗﻔﺖُ ﻋﻠﻴﻪ ، ﻓﻠﻢ ﺃﺳﻤﻌﻪ ﻳﻤﺪﺡ ﻭﻻﻳﺤﻠﻒ ، ﻓﻘﻠﺖُ ﻟﻪ : ﺃﻟﺴﺖَ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﻭﻗﻔﺖُ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻨﺬ ﺳﻨﻮﺍﺕ ؟

Kemudian setelah dua tahun, aku pergi haji dan ketemu dia lagi, namun aku tidak mendengar sikap suka memuji-muji dan bersumpah. Kemudian aku bertanya, bukankah Anda adalah orang yang dahulu pernah bertemu denganku beberapa tahun lalu? 

ﻗﺎﻝ : ﻧﻌﻢ .
Ya.

ﻗﻠﺖُ ﻟﻪ : ﻭﺃﻱّ ﺷﻲﺀٍ ﺃﺧﺮﺟﻚ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺃﺭﻯ ؟ ﻣﺎ ﺃﺭﺍﻙ ﺗﻤﺪﺡ ﻭﻻ ﺗﺤﻠﻒ !

Aku bertanya, kenapa Anda berubah tidak seperti dahulu? Aku tidak dapati Anda suka memuji-muji dan bersumpah!

ﻗﺎﻝ : ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻲ ﺍﻣﺮﺃﺓ ؛ ﺇﻥ ﺟﺌﺘﻬﺎ ﺑﻘﻠﻴﻞ ﻧَﺰَﺭَﺗﻪ (احتقرته) ، ﻭﺇﻥ ﺟﺌﺘﻬﺎ ﺑﻜﺜﻴﺮ  ﻗﻠّﻠﺘﻪ ، ‏ﺛﻢ ﺃﻣﺎﺗﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ  ،

Dia menjawab, dahulu aku punya istri, bila aku dapat rejeki sedikit meremehkan dan bila aku dapat rejeki banyak mengeluh kemudian Allah mematikannya.

 ﻓﺘﺰﻭّﺟﺖُ ﺍﻣﺮﺃﺓً ﺑﻌﺪﻫﺎ ، ﻓﺈﺫﺍ ﺃﺭﺩﺕُ ﺍﻟﻐُﺪُﻭَّ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺴﻮﻕ ، ﺃﺧﺬﺕ ﺑﻤﺠﺎﻣﻊ ﺛﻴﺎﺑﻲ ﺛﻢ ﻗﺎﻟﺖ : ﻳﺎ ﻓﻼﻥ ! ﺍﺗَّﻖِ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻻﺗﻄﻌﻤﻨﺎ ﺇﻻّ ﻃﻴّﺒﺎً ، ﺇﻥ ﺟﺌﺘﻨﺎ ﺑﻘﻠﻴﻞٍ ﻛﺜّﺮﻧﺎﻩ ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﺄﺗﻨﺎ ﺑﺸﻲﺀٍ ﺃﻋﻨّﺎﻙ ﺑﻤﻐﺰﻟﻨﺎ .

Kemudian setelah itu aku menikah dengan wanita lain, bila aku ingin ke pasar maka dia pegang bajuku kemudian berkata, Wahai fulan! Janganlah Engkau beri makan kami kecuali dari harta yang bersih. Bila engkau dapat rejeki sedikit kami akan anggap banyak, kalau engkau tidak dapat aku bantu dengan menjahit pakaian.

*📜ﺍﻟﻤﺠﺎﻟﺴﺔ ﻭﺟﻮﺍﻫﺮ ﺍﻟﻌﻠﻢ‏ ( 251/5 ‏)

_____
Dari FP One Heart ustadz Zainal Abidin IHBS