Minggu, 01 September 2019

Apa kriteria sesuatu itu disebut Sunnah mahjuroh ( yg ditinggalkan / tidak dikenal banyak orang

*Apa Kriteria Sesuatu Itu Disebut Sunnah Mahjuroh (Yang Ditinggalkan/Tidak Dikenal Banyak Orang)?*

السؤال: ما ضابط السنن المهجورة؟ هل كل حديث ورد، لا نجد الناس يعملون فيه نعده من السنن المهجورة؟
Pertanyaan: "Apa kriteria Sunnah Mahjuroh? Apakah setiap hadits yang datang yang tidak diamalkan oleh orang-orang kita anggap sebagai sunnah mahjuroh?"

الجواب :
Jawaban:

السنن المهجورة هي ما ثبت أن الرسول صلى الله عليه وسلم كان يفعله على جهة التعبد، وتركها الناس.
"Sunnah Mahjuroh ialah apa yang valid bahwa Rosululloh shollallohu'alaihiwasallam melakukannya dalam rangka ta'abbud (beribadah) dan telah ditinggalkan oleh orang-orang".

- فما لم يثبت سنده ليس بسنة.
"Maka apa yang sanadnya tidak valid maka bukan sunnah".

- وما ثبت سنده وهجر السلف العمل به ليس بسنة.
"apa yang sanadnya valid dan para Salaf tidak mengamalkannya maka bukan sunnah".

- وما ثبت سنده ولم يعمله الرسول صلى الله عليه وسلم على وجه التعبد والتقرب لله فليس بسنة.
"apa yang sanadnya valid dan Rosululloh shollallohu'alaihiwasallam tidak mengamalkannya dalam rangka ta'abbud  dan bertaqorrub kepada Alloh maka bukan sunnah".

- وما ثبت أن الرسول صلى الله عليه وسلم فعله على جهة التعبد ولم يتركه الناس ليس بسنة مهجورة.
"apa yang valid bahwa Rosululloh shollallohu'alaihiwasallam melakukannya dalam rangka ta'abbud dan orang-orang tidak meninggalkannya maka bukan sunnah mahjuroh".

فليس كل ما صح عن الرسول يكون سنة مهجورة، حتى يكون فعله على جهة التعبد ثابتاً.
"jadi tidak setiap yang valid dari Rosululloh shollallohu'alaihiwasallam menjadi sunnah mahjuroh, sampai benar-benar beliau itu melakukannya dalam rangka ta'abbud".

وبعض الناس عندهم غلو في هذا الباب كلما وجد حديثاً صحيحاً في شيء، ولم يره معروفاً عند الناس راح يعده من السنن المهجورة، فلا يفرق بين ما صدر من الرسول صلى الله عليه وسلم بأصل الجبلة البشرية، لا يقصد به التعبد، و لا بين ما ترك السلف العمل به، بل قد تجده لا ينتبه إلى أن هذا الحديث قد يكون من باب المنسوخ، أو المتشابه، أو المخصص، أو غير ذلك من المعاني!
"sebagian orang berlebihan dalam hal ini, setiap ia dapati hadits shohih berkenaan tentang sesuatu, dan ia mendapati hal tersebut tidak dikenal oleh orang-orang, ia segera menganggapnya sebagian sunnah mahjuroh, tidak membedakan mana yang dilakukan oleh Rosululloh shollallohu'alaihiwasallam atas dasar tabiat manusia beliau tidak memaksudkan ta'abbud, dan tidak juga membedakan mana yang Salaf telah meninggal amalan tsb, bahkan kadang kamu dapati ia tidak perhatian kalau hadits tsb bisa jadi mansukh (terhapus hukumnya) , atau mutasyabih (bukan muhkam) , atau mukhoshsosh (dikhususkan) atau sebagainya.

ولذلك أؤكد أن لا يتسرع المسلم إلى الجزم بمجرد صحة الحديث إلى إدعاء أن هذا الحديث من السنن المهجورة.
"Oleh karenanya aku tegaskan jangan sampai seorang muslim tergesa-gesa untuk mengklaim dengan pasti bahwa sebuah hadits tertentu termasuk sunnah mahjuroh hanya bermodal karena kesohihan/kevalidan hadits itu".

والله الموفق.
Alloh-lah yang memberi taufik.

محمد عمر بازمول.
Muhammad bin 'Umar Bazmul

👇👇
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2420813694703769&id=689506634501159

✍Abu Hafsh bin Isa
📅2 Muharrom 1441
⛺️ https://t.me/joinchat/AAAAAEK90uABNKqjz5FQxw