Selasa, 11 Juli 2023

Suatu hari) Abu Bakar datang meminta izin untuk menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Tiba-tiba ia mendengar Aisyah sedang mengangkat suaranya (ngomel) kepada Rasulallah shallallahu 'alaihi wasallam

SO SWEET.

An-Nu'man bin Basyir radiallahu 'anhu menuturkan bahwa:

(Suatu hari) Abu Bakar datang meminta izin untuk menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Tiba-tiba ia mendengar Aisyah sedang mengangkat suaranya (ngomel) kepada Rasulallah shallallahu 'alaihi wasallam.

Setelah diizinkan, ia pun masuk, dan langsung berkata: "Hei putrinya Ummu Rumman!!"

Ia menarik Aisyah [untuk menamparnya], dan berkata: "Berani-beraninya kamu mengangkat suaramu kepada Rasulallah shallallahu 'alaihi wasallam?!"

(Melihat itu) Nabi shallallahu 'alaihi wasallam segera menjadi penghalang antara Abu Bakar dan Aisyah [untuk melindungi Aisyah].

Dan setelah Abu Bakar pergi [dalam keadaan marah], Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mulai menghibur Aisyah dengan berkata: "Tidakkah kamu lihat aku telah menjadi penghalang antara dia dan kamu [melindungimu]?"

Setelah beberapa hari, Abu Bakar kembali datang meminta izin untuk menemui Rasulallah shallallahu 'alaihi wasallam. Kali ini ia mendapati Nabi sedang tertawa ria dengan Aisyah. Ia pun berkata: "Wahai Rasulallah, ikut-sertakanlah aku dalam perdamaian kalian sebagaimana kalian mengikut-sertakan aku dalam peperangan kalian."

--- Redaksi hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, sedangkan kalimat dalam tanda [...] adalah riwayat Abu Daud. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Syaikh Musa bin Rasyid al-'Azimi dalam Al-Lu'lu'ul Maknun fi Siratin Nabiyyil Ma'mun, 2/142 ---
Ustadz Zainul arifin