Senin, 31 Juli 2023

Kisah Imam Ahmad bin Hambal dan Abu Haitsam

Kisah Imam Ahmad bin Hambal dan Abu Haitsam. 

Abdullah bin Ahmad bin Hambal berkata dia sering mendengar bapaknya (imam Ahmad) berdoa : Ya Allah ampunilah dosa-dosa Abi Haitsam, berilah rahmat kepada Abi Haitsam. 

Maka aku (Abdullah) bertanya kepada ayahku : Siapa Abu Haitsam wahai ayahku? 

Imam Ahmad : Dia orang Arab badui yang aku belum pernah lihat wajahnya, aku mengetahui dia ketika aku dihukum cambuk di dalam kegelapan karena aku ditempatkan di penjara bawah tanah, maka diapun menyentuhku dan bertanya kepadaku. 

Abu Haitsam : Apakah kamu Ahmad bin Hambal? 

Imam Ahmad : Benar, kamu siapa? 

Abu Haitsam : Aku Abu Haitsam, seorang perampok, peminum khamr, tukang begal. Diputuskan oleh dewan amirul mukminin aku dicambuk sebanyak delapan belas ribu cambukan secara terpisah, dan sungguh saya menanggung semua ini dengan kesabaran di jalannya syaitan, maka bersabarlah engkau di jalan Allah wahai imam Ahmad! 

Imam Ahmad : Maka ketika mereka mengikatku dengan rantai untuk memulai mencambuk tubuhku dan aku dalam keadaan lemah karena cambukan, aku teringat dengan ucapan Abu Haitsam. 

Bersabarlah di jalan Allah ya imam Ahmad.
Ustadz Muhammad nasuha