Rabu, 26 Juli 2023

4 MADZAB ahlisunnah wal jama'ah

4 MADZAB ahlisunnah wal jama'ah 
___
Empat madzab yang terkenal itu semuanya diatas SUNNAH. 

Fiqih mereka adalah fiqih diatas sunnah. 

Bagi orang yang belajar tarikh tasyri misal, maka ia akan paham persoalan ini. 

Sangat keliru jika ada yang membenturkan fiqih sunnah VS fiqih madzab. 

Mau ngikut fiqih secara sunnah atau secara madzab. 

Ada yang menyebut - walaupun data ini perlu dipastikan lagi - bahwa 

1. 
Mazhab FIQIH SUNNAH Hanafi dianut sekitar 25% dari keseluruhan umat Islam, penganutnya banyak terdapat di Asia Selatan (Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, dan Maladewa), Mesir bagian Utara, Irak, Syria, Libanon dan Palestina (campuran Syafi'i dan Hanafi), Kaukasia (Chechnya, Dagestan).

Ayo apa contoh perbedaan paling mencolok madzab ini dibandingkan dengan tiga lainnya?... Hehe. 

2. 
Madzab FIQIH SUNNAH Maliki diikuti oleh sekitar 25% muslim di seluruh dunia. Mazhab ini dominan di negara-negara Afrika bagian Barat dan Utara.

3. 
Madzab FIQIH SUNNAH Syafi'i merupakan mazhab terbesar dalam mazhab fikih Sunni, dengan memiliki penganut sekitar 50% muslim di dunia. Pengikutnya tersebar terutama di Indonesia, Iran, Mesir, Somalia bagian Timur, Thailand, Kamboja, Vietnam, Singapura, Filipina, dan menjadi mazhab resmi negara Malaysia dan Brunei.

4. 
Madzab FIQIH SUNNAH Hanbali diikuti oleh sekitar 5% muslim di dunia dan dominan di daerah semenanjung Arab. Mazhab ini merupakan mazhab yang saat ini dianut di Arab Saudi.

Perlu diketahui bahwa para pembelajar dan pengajar madzab - madzab itu sebenarnya telah menjawab tuduhan tidak berdasar bahwa mereka lebih memilih pendapat madzab dibanding dalil. 

Jawaban itu terlihat dari tidak ada madzab yang diikuti 100 persen oleh pengikutnya. 

Buktikan saja, di Arab Saudi ulama dan muslim disana tidak 100 persen mengikuti pendapat resmi madzab Hanbali. 
Dalam hal penentuan keluar masuk id, Ulama Saudi berpegang pada madzab Syafi'i 

Karena intinya adalah mengerahkan kemampuan untuk dekat kepada dalil sesuai kemampuan masing - masing. 

Di Indonesia, tidaklah ulamanya dan muslim mengikuti 100 persen pendapat resmi madzab Syafi'i. 
Dalam hal aurat wanita, ulama Syafi'iyah Indonesia cenderung mengamalkan pendapat madzab Hanafi. 

Dan ini bukan suatu masalah...... 

Empat madzab itu madzab besar, dan semuanya dibangun diatas dalil. 

Adapun rajih dan marjuh dalam fiqih itu nisbi. 
Rajih menurut siapa?
Ustadz Fadhel ahmad