Sabtu, 08 Juli 2023

Faktor Utama Kesuksesan

Faktor Utama Kesuksesan

Ka'ab bin Malik radhiyallahu 'anhu adalah seorang yang ikut baiatul aqobah kedua.

Sebuah baiat yang diikuti kurang lebih 70-an orang. Pernah berfikir, nasib Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika belum hijrah ke madinah. Ketika itu beliau berjanji bersama 70-an orang.

Isi janjinya adalah
* setia kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam saat semangat maupun saat futur
* siap berinfak untuk agama baik saat lapang dan saat sedang kurang.
* dan beberapa janji hebat yang lain.... 

Artinya beliau orang hebat, orang shalih, seorang pejuang, pendakwah yang bisa membuat orang masuk islam dengan dua bait syair... Coba pikirkan! Dua kalimat bisa membuat orang satu kabilah masuk islam... Hebat gak? Beliau juga seorang pejuang, ada 17 sayatan di tubuhnya diperang uhud! 

Tapi beliau pernah bercerita dengan cerita yang menginspirasi... Beliau berkata setelah memberi pendahuluan yang cukup panjang dalam hadits bukhari muslim. 

... Di perang tabuk aku tidak ikut... Padahal saat itu aku sedang paling lapang perekonomiannya. Aku bisa menyiapkan dua kendaraan. Padahal sebelumnya aku belum pernah selapang itu.

Aku sedang kuat-kuatnya...

Tapi aku gagal untuk ikut perang tabuk.... Dst

Di penggalan cerita ini, beliau ingin menekankan bahwa keberhasilan itu bukan karena kelapangan harta dan kekuatan badan tapi karena taufik dari Allah...

Iya!
Hanya karena taufik Allah saja! 

Kisah beliau ini insyaAllah akan saya bahas di masjid al hidayah mulungan... Semoga ada hikmah-hikmah luar biasa dari kisah beliau.

Oya, insyaAllah akan ada umroh tgl 12 oktober 2023 dengan BATIK - Hajj, Umrah and Trading atau Batik Umroh
Start jogja landing madinah... 

semoga dimudahkan oleh Allah...
Ustadz Ratno abu Muhammad