Sabtu, 01 Juli 2023

Catatan Singkat Dauroh Syariyyah Bersama Syaikh Utsman Al-khomiis

Catatan Singkat Dauroh Syariyyah Bersama 
Syaikh Utsman Al-khomiis

# Ayat yang paling agung didalam al-qur'an adalah ayat kursi, karena didalamnya berbicara tentang Allah.
Surat yang paling agung dalam al-qur'an adalah surat al-fatihah, karena didalamnya berbicara tentang Allah.

# Perkataan yang paling baik adalah perkatan dakwah

# Ghorghorah (meregang nyawa) adalah perkara ghoib karena ia adalah ruh, Fir'aun mengatakan keimanan namun terlambat dan mati diatas kekufuran, namun ada seorang pemuda yahudi yang masuk islam ditangan nabi menjelang waftanya dan wafat diatas keislaman.

# Oleh sebab kita tidak bisa memastikan waktu ghorghorah (meregang nyawa) maka kita perlakukan orang meninggal dengan yang tampak pada kita

# Dari 9 (sembilan) sahabat yang dijamin masuk surga, 6 (enam) diantaranya masuk islam ditangan Abu Bakar, mereka adalah Thalhah bin ubaidillah, Zubair bin Awwam,  Abu Ubaidah bin Aljarrah,  Sa'ad bin abi Waqqash, Said bin Zaid dan Utsman bin Affan (dalam sebagian pendapat). Maka pantaslah beliau menjadi sahabat nabi yang paling mulia.

# Seorang da'i tetap mendapatkan fahala disebabkan orang yang mengikuti nasihatnya sekalipun dia belum melkukan apa yang dia sampaikan, kecuali dosa murtad maka semua amalanya akan terhapus.

# Apa yang dilakukan sahabat nabi berupa membaca surat al-ikhlas pada setiap roka'at sholat disebabkan cintanya terhadap surat ini, tidak bisa diqiyaskan dengan surat lain dg alasan cinta terhadap surat tersebut. karena apa yang terjada pada sahabta telah mendapatkan iqror (ketegasan) dari nabi sementara kasus yang kedua tidak.

# Terdpat hadits nabi berbunyi "Barangsiapa meninggalkan sholat asar maka amalannya terhapus" yang dimaksud terhapus adalah amalan pada hari ia meninggalkan shalat ashar.
==========

Rabu, 11 Dzulqo'dh 1444 H / 31 Mei 2023
Dauroh Syar'iyyah
Batu, Malang
Alfaqiir ilallah, Jeje Rijalul Hak.