Senin, 09 Mei 2022

Ibn Taimiyah radhiyallahu 'anhu ditanya,Apakah al-Bukhariy, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzy, an-Nasa'iy, Ibn Majah, Abu Dawud ath-Thayalisiy, ad-Darimiy, al-Bazzar, ad-Daraquthniy, al-Baihaqiy, Ibn Khuzaimah, dan Abu Ya'la al-Maushiliy, apakah mereka seluruhnya mujtahid dan tidak mentaklid siapapun dari para imam, atau mereka bertaklid?

Ibn Taimiyah radhiyallahu 'anhu ditanya,

Apakah al-Bukhariy, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzy, an-Nasa'iy, Ibn Majah, Abu Dawud ath-Thayalisiy, ad-Darimiy, al-Bazzar, ad-Daraquthniy, al-Baihaqiy, Ibn Khuzaimah, dan Abu Ya'la al-Maushiliy, apakah mereka seluruhnya mujtahid dan tidak mentaklid siapapun dari para imam, atau mereka bertaklid?

Adakah seorang di antara mereka yang berafiliasi kepada mazhab Abu Hanifah?

Beliau menjawab, 

Alhamdulillah Rabbil `Alamin. Adapun al-Bukhariy dan Abu Dawud, keduanya adalah imam dalam fikih, termasuk ulama ahli ijtihad.

Adapun Muslim, at-Tirmidziy, an-Nasa'iy, Ibn Majah, Ibn Khuzaimah, Abu Ya'la, al-Bazzar, dan semisalnya, mereka berada di atas mazhab Ahli Hadis, bukan pentaklid seorang tertentu dari para ulama, tidak juga termasuk ahli ijtihad secara mutlak, melainkan condong kepada pandangan para imam dalam hadis seperti asy-Syafi`iy, Ahmad, Ishaq, Abu Ubaid, dan semisalnya. Di antara mereka ada yang memiliki kekhususan dengan sebagian dari para imam, sebagaimana kekhususan Abu Dawud dan yang sepertinya dengan Ahmad (bin Hanbal). Mereka juga lebih condong kepada mazhab Ahli Hijaz semisal Malik daripada ke mazhab Ahli Irak sebagaimana Abu Hanifah dan ats-Tsauriy.

Adapun Abu Dawud ath-Thayalisiy, beliau lebih senior dari mereka semua. Beliau terhitung dari generasi Yahya bin Said al-Qaththan, Yazid bin Harun al-Wasithiy, Abdullah bib Dawud, Waki' bin al-Jarrah, Abdullah bin Idris, Muadz bin Muadz, Hafsh bin Ghiyats, Abdurrahman bin Mahdiy, dan sejawat mereka dari generasi guru-guru Imam Ahmad.

Mereka seluruhnya mengagungkan sunah dan hadis. Di antara mereka ada yang condong ke arah mazhab Ahli Irak semisal Abu Hanifah dan ats-Tsauriy, juga semisalnya, seperti Waki`, Yahya bin Said. Di kalangan mereka juga ada yang lebih condong kepada mazhab Ahli Madinah, Malik dan lainnya, seperti Abdurrahman bin Mahdiy.

Adapun al-Baihaqiy, beliau bermazhab asy-Syafi`iy, dan sebagai pembelanya dalan keumuman pandangan-pandangan keagamaannya.

Begitu pula dengan ad-Daraquthniy, condong kepada mazhab asy-Syafi`iy, dan kepada para imam persanadan dan hadis. Tetapi dalam hal bertaklid kepada asy-Syafi'iy beliau tidak sebagaimana al-Baihaqiy, kendati al-Baihaqiy sendiri memiliki pandangan ijtihadiy dalam sejumlah banyak masalah. Namun, kualitas ijtihad ad-Daraquthniy melebihi ijtihadnya, lantaran beliau lebih alim dan lebih faqih dari al-Baihaqiy.
-------------------------------
Majmu' Fatawi Ibn Taimiyah, jilid 20, hl. 39-41.

Semoga Allah Ta'ala merahmati seluruh ulama kaum muslimin sepanjang masa. Āmīn.
Ustadz alee masaid