Kamis, 13 Juli 2023

Syaikh Utsaimin menjelaskan tentang faidah hadits Sa'ad bin Abi waqqash yg ingin menyedekahkan semua hartanya atau kurang dari itu, maka Nabi mengatakan "jangan!" Membiarkan keturunanmu (waktu itu walau 1 orang putri saja keturunan beliau, belum banyak) kaya dan tak minta² itu lebih baik bagimu

Warisan itu berpahala besar~

Sebagian kaum muslimin atau bahkan bbrp dai, sering mengatakan dan menganjurkan agar banyak bersedekah sebelum kematian karena ketika kita mati harta sudah tidak bermanfaat lagi krn sudah menjadi harta warisan.

Kita luruskan sedikit:

1. Anjuran banyak bersedekah sangat baik sebelum maut datang

2. Namun dugaan sebagian manusia ketika harta kita diwariskan maka kita tak dapat pahala atasnya ini kurang tepat.

Syaikh Utsaimin menjelaskan tentang faidah hadits Sa'ad bin Abi waqqash yg ingin menyedekahkan semua hartanya atau kurang dari itu,  maka Nabi mengatakan "jangan!" Membiarkan keturunanmu (waktu itu walau 1 orang putri saja keturunan beliau, belum banyak) kaya dan tak minta² itu lebih baik bagimu. Maka ini menunjukkan adanya pahala yg lebih besar jarena lebih baik walau dari sedekah sekalipun.

Dan wasiat itu tidak wajib dan hanya sunnah itupun bagi yg berlebih hartanya adapun yg pas²san maka yg benar jangan berwasiat, dan yg berlebih pun maksimal sepertiga.

Wabillahit taufiiq. 

Mbs~