Minggu, 02 Juli 2023

Mudzakarah atau diskusi dengan seorang yg mendalam ilmunya dalam satu cabang ilmu 1 jam lebih bermanfaat dari muthalaah dan menghafal beberapa jam

Semoga Allah merahmati Imam Nawawi, seolah beliau tau tabiat kurang baik sebagian thullab ketika berdiskusi di fb, yaitu taraffu' meninggi dengan gaya bicara dan hatinya. Allahul musta'an. 

Beliau mengatakan dalam muqadimah Alminhaj:

ومذاكرة حاذق في الفنّ ساعةً أنفعُ من المطالعة والحفظ ساعات، بل أياما . وليكن في مذاكرته متحرِّيًا الإنصاف، قاصدًا الاستفادة أو الإفادة، غير على مترفع صاحبه بقلبه ولا بكلامه، ولا بغير ذلك من حاله، مخاطبًا له بالعبارة الجميلة اللينة، فبهذا ينمو علمه، وتزكو ،محفوظاته، والله أعلم.
"Mudzakarah atau diskusi dengan seorang yg mendalam ilmunya dalam satu cabang ilmu 1 jam lebih bermanfaat dari muthalaah dan menghafal beberapa jam, bahkan beberapa hari sekalipun.

Namun dalan mudzakarahnya hendaknya dia menjaga sifat insaf pertengahan bermaksud mencari faidah atau memberi faidah, bukan meninggi atas lawan bicara dengan hati atau perkataannya, atau dengan gayanya, namun bicara dengan ibarah yg indah lembut, maka dengan ini ilmunya akan berkembang, dan tersucikan apa yg dia hafal Wallahu a'lam "

Rahimahullah rahmatan wasi’ah..
Ustadz bagus wijanarko