HUKUM SHALAT BERJAMAAH DENGAN JARAK SHAF BERJAUHAN.
Hari Rabu, 7 Syawwal 1442 H, bertepatan dengan 19 Mei 2021
Percakapan antara Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullah bersama seorang penanya dari Al-Jazair
Penanya: _Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. Wahai Syaikh, saya memiliki pertanyaan_
Syaikh: _Ya_
Penanya: _Berkaitan dengan jarak shaf shalat yang saling berjauhan. Orang-orang di tempat kami Al-Jazair berpecah dan saling memboikot satu sama lain disebabkan permasalahan ini. Sebagian orang berpendapat bahwa shalat seperti ini tidak sah bahkan bid'ah, dan sebagian yang lain berpendapat sah, dan pemimpin kami mewajibkan untuk shalat dengan shaf yang saling berjauhan. Apa pendapatmu wahai syaikh?_
Syaikh: _Shalatnya sah, tidak diragukan lagi_
Penanya: _Tetapi syaikh, sebagian mereka mengatakan tidak sah dan wajib mengingkari orang yang shalat seperti itu_
Syaikh: _Bahkan yang wajib adalah mengingkari orang yang berkata tanpa dalil bahwa shalat kaum muslimin tidak sah_
Penanya: _Mereka mengatakan bahwa perselisihan dalam permasalahan ini tidak dianggap_
Syaikh: _Apanya yang tidak dianggap?_
Penanya: _Perselisihan seputar sah atau tidaknya shalat tersebut_
Syaikh: _Menjaga jiwa kaum muslimin tidak dianggap?! Yang tidak dianggap adalah ucapan mereka. Ini pendapat yang aneh. Yang tidak dianggap adalah membatalkan shalat kaum muslimin tanpa dalil. Tinggalkan saja ucapan-ucapan seperti ini, mereka hanya membuat orang ragu terhadap agamanya dan merusak pemahaman mereka_
Penanya: _Bagaimana dengan ucapan mereka bahwa shalat seperti itu adalah bid'ah, dan tidak pernah ada di masa para salaf?_
Syaikh: _Saya katakan tinggalkan mereka! Mereka tidak bisa membedakan antara bid'ah dan maslahat. Itu bukanlah bid'ah, walaupun tidak pernah dilakukan oleh salaf. Dan belum pernah terjadi wabah di masa Nabi ﷺ. Ini merupakan sarana untuk menjaga diri, bukan ibadah..._
Selesai...
يوم الأربعاء ٠٧ شوال ١٤٤٢ هـ
الموافق ل ١٩ ماي ٢٠٢١ م
جديد الشيخ صالح الفوزان حفظه الله.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
شيخنا عندي سؤال لو تكرمت .
الشيخ: نعم.
السائل :فيما يتعلق بالصلاة مع وجود مسافات (التباعد)
السائل : قد وقع عندنا هنا في الجزائر انقسام بين الناس وصل إلى حد التهاجر فيما بينهم بسبب هذه المسألة فالبعض يرى ٱن هذه الصلاة باطلة ومبتدعة وآخرون يرون صحتها وٲن ولي الأمر فرض التباعد حفاظا على الأنفس. فما قولكم حفظكم الله؟
الشيخ الفوزان : هي صحيحة لا شك .
لكن شيخنا منهم من يقول هي باطلة ويجب الإنكار على من صلاها.
الشيخ: ينكر على من يبطل صلاة المسلمين بلا دليل ً.
السائل : شيخنا يقولون الخلاف فيها غير معتبر ؟
الشيخ : ٳيش غير معتبر؟!
السائل :الخلاف حول بطلانها من صحتها وٲنها باطلة؟.
الشيخ : الحفاظ على النفس غير معتبر؟!
الغير معتبر هو قولهم... هذا شذوذ والغير معتبر تبطيل صلاة المسلمين بلا دليل اتركوا عنكم هذه المهاترات هذا تشكيك للناس في دينهم والخلل في فهومهم ونظرهم .
السائل : شيخنا وقولهم بدعة محدثة .. ولم تعهد عند السلف؟
الشيخ : قلت ٲتركوهم هؤلاء لا يفرقون بين البدعة والمصلحة وحتى وان لم يفعلها السلف فليست بدعة ولم يقع وباء في عهد النبيﷺ.
السائل: بارك الله فيك شيخنا
الشيخ : هذه أسباب وقاية وحماية وليست عبادة .. نعم
جزاك الله خيرا
انتهى
رقم مكتب الشيخ صالح الفوزان حفظه الله من خارج السعودية : 00966114595555
الرئاسة العامة للبحوث العلمية والإفتاء .
يوم الأربعاء ٠٧ شوال ١٤٤٢ هـ
الموافق ل ١٩ ماي ٢٠٢١ م
منقول
Sumber : Ust. Farhan abu Furaihan di grup WA Aceh Tafaqquhfiddin
Di share oleh ust Anton Abdillah Al atsary