Rabu, 03 Februari 2021

🔰 BAGAIMANA MUNGKIN AKU AKAN MEMINTA KEPADA YANG TIDAK MEMILIKINYA?(Teladan dari sosok Mufti Madinah, Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab)

🔰 BAGAIMANA MUNGKIN AKU AKAN MEMINTA KEPADA YANG TIDAK MEMILIKINYA?
(Teladan dari sosok Mufti Madinah, Salim bin Abdillah bin Umar bin Al Khaththab)

Ibnu Uyainah berkata:
“Suatu hari, Hisyam bin Abdul Malik (salah seorang khalifah pada dinasti Bani Umayyah -pent) masuk ke Ka’bah. Disaat bersamaan, ia berjumpa dengan Salim bin Abillah (bin Umar bin Khaththab -pent). Lalu Hisyam berkata kepadanya :”Mintalah kepadaku hajat (keperluan) mu!”. Salim menjawab: “Aku malu meminta sesuatu kepada selain Allah sedang aku berada didalam rumah-Nya”. Tatkala mereka berdua telah keluar (dari Masjid Al Haram -pent) Hisyam berkata: “Sekarang mintalah kepadaku hajat (keperluan) mu!” Maka Salim bertanya kepadanya: “Kebutuhan dunia atau akhirat?”. Hisyam menjawab : “Kebutuhan dunia!”. Maka Salim berkata: “Demi Allah, sungguh aku tak pernah memintanya (dunia) kepada Dia yang memilikinya, maka bagaimana mungkin aku akan memintanya kepada orang yang tidak memilikinya?!”.

📚 Siyar A’lam An Nubala’ Juz 4, Hal. 458

🖋Yami Amanda Cahyanto