Minggu, 28 Februari 2021

Allah yang Akan Mencukupi Para Penuntut Ilmu

Allah yang Akan Mencukupi Para Penuntut Ilmu

Sufyan ats-Tsauri rahimahullah berkata,

لما أردت أن أطلب العلم قلت: يا رب إنه لابد لي من معيشة ورأيت العلم يدرس فقلت: أفرغ نفسي لطلبه، وقال: وسألت ربي الكفاية والتشاغل لطلب العلم فما رأيت إلا ما أحب إلى يومي هذا

Ketika aku hendak menuntut ilmu, aku bergumam, "Ya Rabb, sesungguhnya aku harus memiliki mata pencaharian. Sementara itu, aku melihat bahwa ilmu agama di zaman ini sudah mulai berkurang."

Lalu, aku mengatakan kepada diriku sendiri, "Wahai jiwaku, fokuslah untuk menuntut ilmu." 

Kemudian beliau berkata, "Lalu, aku memohon kecukupan kepada Rabbku dan memohon untuk sibuk dengan menuntut ilmu. Setelah itu, aku tidak menjumpai selain apa yang aku cintai sampai hari ini."

[Sumber: Hilyatul Auliya, jilid 6, hlm. 370]

Kumpulan Kisah dan Quote Ulama:: https://telegram.me/kisahulama