Jumat, 26 Februari 2021

Qashidah Ha'iyah karya Imam Abu Bakr ibn Abi Dawud rahimahullah tentang aqidah/sunnah sudah masyhur dikenal di penjuru dunia Islam. Namun yg unik adalah silsilah sanad yg dimiliki oleh para ulama India yg Deobandi maupun Ahli Hadits yg ternyata memiliki silsilah sanad ha'iyah dengan musalsal dengan sama'/qiroat pada kebanyakan rowinya, tersambung sampai naskah yg dipegang Imam Ibn Athor (murid Imam Nawawi), yg disambungkan oleh Ibn Athor dengan silsilah sama' juga sampai Imam Ibn Abi Dawud. Ini artinya qasidah ini cukup populer dikalangan mereka sampai berabad-abad lamanya

Qashidah Ha'iyah karya Imam Abu Bakr ibn Abi Dawud rahimahullah tentang aqidah/sunnah sudah masyhur dikenal di penjuru dunia Islam. Namun yg unik adalah silsilah sanad yg dimiliki oleh para ulama India yg Deobandi maupun Ahli Hadits yg ternyata memiliki silsilah sanad ha'iyah dengan musalsal dengan sama'/qiroat pada kebanyakan rowinya, tersambung sampai naskah yg dipegang Imam Ibn Athor (murid Imam Nawawi), yg disambungkan oleh Ibn Athor dengan silsilah sama' juga sampai Imam Ibn Abi Dawud. Ini artinya qasidah ini cukup populer dikalangan mereka sampai berabad-abad lamanya. 

Lalu Imam Ibn Abi Dawud berkata diakhir Qashidahnya yg kurang lebih artinya: "Ini aqidah saya, aqidah bapak saya juga (Imam Abu Dawud), juga Imam Ahmad, dan aqidah para ulama lain yg saya jumpai dan yg tidak saya jumpai namun kabarnya sampai kepada saya, barangsiapa yg menyampaikan aqidah lain selain ini, maka dia pendusta".

#just_hanabilah
Ust rikrik Aulia Rahman