TENTANG SYEKH MUHAMMAD BIN ‘ABDIL-WAHHĀB
Saya ditag dalam sebuah status yang berisi tentang pandangan Syekh Al-Azhar Ahmad Ath-Thayyib, tentu pandangan yang negatif, sebagaimana bisa Anda baca dalam SS 👇. Sejurus kemudian saya ingat pada status² lama saya tentang Syekh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhāb menurut pandangan ulama Aswaja, salah satunya saya repost disini:
Al-‘Allāmah Al-Muḥaqqīq Al-Muḥaddiṡ Syekh ‘Abdul-Fattāḥ Abū Guddah Al-Khālidī Al-Ḥanafī (1335-1417 H) raḥmatullāh ‘alayh menerangkan:
فأما الشيخ محمد بن عبدالوهاب رحمه الله تعالى، فهو إمام الدعوة غير منازع، وقد كان داعية الى الله تعالى، وقام بالدعوة بحاله ومقاله وعلمه وقلمه، وما كنت في كل حين الا مقدرا فضله وعلمه وقيامه بالدعوة وقيامه بالدعوة الى الله تعالى، تلك الدعوة التي أعطت أطيب الثمرات في إعلاء كلمة الله تعالى، وتصفية العقيدة من الشوائب والخرافات، والتي تتجلى آثارها في نشر العلم وكثرة العلماء، وانتشار المعاهد العلمية التي هي أثر من آثار دعوته الخيرة، كما تتجلى آثارها في مؤازرة الاسلام والمسلمين في كل بلد.
“Adapun Syekh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhāb raḥimahullāh ta‘āla, Beliau merupakan Imam dalam dakwah, tanpa ada perselisihan. Beliau merupakan pendakwah menuju Allah taala, melakukan dakwah dengan segenap kemampuan, ucapan, ilmu, dan tulisan. Setiap saat, Saya menghargai kelebihan, ilmu dan usaha dakwahnya kepada Allah taala. Dakwah tersebut telah memberikan hasil yang bernas dalam meninggikan Kalimat Allah taala, membersihkan akidah daripada kotoran² dan segala jenis khurafat. Dapat dilihat jelas efeknya dalam menyebarkan ilmu dan (menghasilkan) banyak ulama. Berkembangnya institusi-institusi ilmu merupakan salah satu efek dari efek² dakwah Beliau yang baik. Sebagaimana efeknya (juga) terlihat jelas dalam membantu agama Islam dan umat Islam disetiap negara.” [Kalimat fī Kasyf Abāṭīl wa Iftirā’āt, hal. 24]
Demikianlah kesaksian (keterangan) dari ulama keturunan Sahabat Sayfullāh Khālid bin Al-Walīd raḍiyallāhu ‘anhu ini tentang sosok syekh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhāb At-Tamīmī, sangat jelas dan terang. Walau akidah ulama yang pernah menjadi Petinggi Ikhwānul-Muslimīn Suriah ini masih belum jelas (sedangkal kajian saya), sebab ada yang menyebut Asy‘ari dan adapula yang menyebut Maturidi, tapi yang terpenting adalah bahwa ulama yang fakih Mazhab Hanafi ini BUKAN Wahabi. [https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2584959875089602&id=100007268449111]
Adapun pandangan ulama Nonwahabi lainnya tentang Syekh Muhammad bin ‘Abdil-Wahhāb dan Wahabi, bisa anda baca² disini:
1️⃣ Dimana Syekh Yasin Al-Fadani
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2585760778342845&id=100007268449111
2️⃣ Dimata Maulana Manzhur An-Nu‘mani
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2585922098326713&id=100007268449111
3️⃣ Dimata Khalil As-Saharanpuri
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2654348771484045&id=100007268449111
4️⃣ Dimana Syekh Wahbah Az-Zuhayli
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2635780756674180&id=100007268449111
Sekian dulu, silakan bandingkan penilaian tsb dengan fakta yang ada sekarang. semoga berfaedah...
Salam Persahabatan,
Alfan Edogawa