Sabtu, 30 November 2019

MENIKAHLAH, PASTI KAMU DIBERIKAN KEKAYAAN DAN KECUKUPAN

MENIKAHLAH, PASTI KAMU DIBERIKAN KEKAYAAN DAN KECUKUPAN

Oleh : Abu Fadhel Majalengka

Seberapun gaji atau penghasilan seorang JOMBLO, pasti tidak akan cukup. Gajian hari ini, dua minggu kemudian sudah habis, bahkan kurang dua minggu sudah tidak tersisa. 

Untuk itu, kalau ingin kaya dan berkecukupan, nikahlah dengan niat untuk membantunya dalam mentaati perintah Allah, dengannya bisa menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan.

Berkata Al-'Allamah Asy-Syinqithi rahimahullah :

المتزوج الذي وعده الله بالغنى هو الذي يريد بتزويجه الإعانة على طاعة الله بغض البصر وحفظ الفرج. [ المصدر/ أضواء البيان 6 / 243 ]

"Orang yang menikah yang Allah janjikan dengan kekayaan adalah orang yang dengan pernikahannya itu ingin membantunya dalam menta'ati Allah dengan menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan". (Adhwaa'ul Bayaan 6/243).

Allah Ta'ala berfirman:

{وَأَنْكِحُوا الأيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendiri di antara kalian, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahaya kalian yang lelaki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan MEMAMPUKAN mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. An Nur : 32).

Berkata Ali ibnu Abu Talhah dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu:

رغبهم الله في التزويج، وأمر به الأحرار والعبيد، ووعدهم عليه الغنى، فقال: { إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ 

Allah memberikan motivasi kepada mereka untuk menikah.  Allah memerintahkan orang-orang yang merdeka dan budak-budak untuk menikah, dan Dia menjanjikan kepada mereka untuk memberikan KECUKUPAN. Untuk itu Allah Ta'ala berfirman: Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. (QS. An-Nur: 32). (Tafsir Ibnu Katsir).

Berkata Abu Bakar As-Siddiq radhiyallahu anhu:

أطيعوا الله فيما أمركم به من النكاح، ينجز [لكم] (3) ما وعدكم من الغنى، قال: { إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ }

Taatlah kalian kepada Allah dalam menjalankan apa yang Dia perintahkan kepada kalian dalam hal nikah, niscaya Dia akan memenuhi bagi kalian apa yang telah Dia janjikan kepada kalian, yaitu KECUKUPAN." Allah Ta'ala. telah berfirman: Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. (QS.An-Nur: 32). (Tafsir Ibnu Katsir).

Berkata Ibnu Mas'ud radhiyallahu anhu :

التمسوا الغنى في النكاح، يقول الله تعالى: { إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ }

"Carilah KECUKUPAN dalam nikah, karena Allah Ta'ala. telah berfirman: 'Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya'."  (QS.An-Nur: 32). (Tafsir Ibnu Katsir).