Selasa, 05 November 2019

Cetakan maktabah dari mana yg harus kita utamakan ketika beli kitab... ???

*KITAB TERBAIK*

Pertanyaan:
Cetakan maktabah dari mana yg harus kita utamakan ketika beli kitab... ???

Jawab: 
Sesuaikan dengan sikon keuangan dan kebutuhan kita:

1. 
Punya banyak uang belilah cetakan maktabah dari Saudy, karena rata2 bagus kualitasnya, walau perlu juga diperhatikan yang menelitinya ulama siapa, biasanya semakin terkenal ulama yg meneliti semakin bagus kualitas isinya, walaupun harganya tentu lebih tinggi. 
2. 
Uang pas pasan dan pingin punya banyak kitab [ perhatikan pingin punya banyak kitab ], maka cetakan maktabah dari Mesir solusinya, karena harganya yg murah meriah, kalau hanya beli cetakan Saudy yang terkenal harganya tinggi maka akan sedikit sekali  punya kitab. 
Tapi ingat ketika beli cetakan Mesir jangan lupa bertanya dg yg ahlinya [ yang adil ] tentang cetakan mana yg bagus. Atau kalau tidak ada tempat bertanya, maka belilah kitab yg sudah  ditakhrij ( diperiksa  haditsnya ) dan lebih bagus lagi sudah ditahqiq ( diteliti isi kitabnya ), biasanya disampul depan ditulis siapa pentakhrij atau pentahqiqnya. 
3. 
Uang minim bahkan cenderung kurang, maka jangan maksakan diri untuk banyak beli kitab, cukup dengan maktabah syamilah, waqfeya, dan pdf lainnya, walaupun kepuasan dan kenikmatan baca dari kitab langsung tentu lebih tinggi dan tidak akan pernah tergantikan dengan electronic. Yang sering kami jumpai ikhwah yang berusaha memiliki kitab mereka cerita rezekinya alhamdulillah malah bertambah.

Tentu yang terbaik  kita bisa mengabungkan ketiga solusi diatas.

BAAROKALLAHU FIKUM