Kamis, 14 November 2019

Ananiyah atau ke-Aku-an atau Egoisme adalah kecintaan manusia terhadap diri sendiri, serta ambisi untuk menguasai serta mendominasi orang lain.

Ananiyah atau ke-Aku-an atau Egoisme adalah kecintaan manusia terhadap diri sendiri, serta ambisi untuk menguasai serta mendominasi orang lain. Dia adalah Aku yang membuat manusia tidak mau melihat kecuali dirinya sendiri, serta tidak peduli melainkan hanya kepada dirinya sendiri.
.
Ananiyah ini adalah karakter alami yang ada pada diri setiap insan apabila ia diperlakukan sesuai dengan batas koridor yang ada. Namun apabila melampaui kadarnya, sehingga menjelma menjadi sebuah sikap jumawa, sombong, meremehkan orang lain, menganggap orang lain itu kecil, menyepelekan pendapat orang lain, serta senantiasa berusaha untuk menguasai orang lain, maka ini adalah bahaya laten serta penyakit yang membinasakan.
.
Maka dari itu seorang manusia yang terkena virus ini tidak akan mau mengakui kesalahan. Dan ia senantiasa menyangka dirinya selalu benar, merasa bersih dari kesalahan dan ketergelinciran. Ia tidak memahami bahwa mengakui kesalahan itu sebagai bentuk memuliakan akal manusia.
.
Dan seorang Anani (yang terkena virus keakuan-pent) tidak memiliki pantangan, semuanya boleh bagi dia selama di sana ada keuntungan bagi diri pribadinya.
.
Ananiyah adalah penyakit jiwa yang harus disembuhkan karena ia menjadi sebab besar dilanggarnya pantangan serta dilakukannya kesalahan yang fatal. Ananiyah adalah penyakit yang membinasakan orang yang dijangkitinya
.
Seorang  yang kena Ananiyah tidak ingin ada orang lain menyertai dia di dalam segala hal. Ia ingin melihat orang lain celaka dan kemaslahatan semua ingin dia kuasai.
.
Referensi: https://bimbinganislam.com/jangan-engkau-bakar-dirimu-sendiri-dengan-api-ke-aku-an/
.
Bimbinganislam.com | Follow TG, YT, IG, FB, LINE, TWITTER : Bimbingan Islam