Minggu, 06 Agustus 2023

Diantara Adab Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam dalam berdakwah

Diantara Adab Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam dalam berdakwah

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنْتُ أَمْشِي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهِ بُرْدٌ نَجْرَانِيٌّ غَلِيظُ الْحَاشِيَةِ فَأَدْرَكَهُ أَعْرَابِيٌّ فَجَبَذَهُ بِرِدَائِهِ جَبْذَةً شَدِيدَةً حَتَّى نَظَرْتُ إِلَى صَفْحَةِ عَاتِقِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أَثَّرَتْ بِهَا حَاشِيَةُ الْبُرْدِ مِنْ شِدَّةِ جَبْذَتِهِ ثُمَّ قَالَ يَا مُحَمَّدُ مُرْ لِي مِنْ مَالِ اللَّهِ الَّذِي عِنْدَكَ فَالْتَفَتَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ ضَحِكَ ثُمَّ أَمَرَ لَهُ بِعَطَاءٍ

dari Anas bin Malik dia berkata; "Saya berjalan bersama Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam, ketika itu beliau mengenakan kain (selimut) Najran yang tebal ujungnya, lalu ada seorang Arab badui (dusun) yang menemui beliau. Langsung ditariknya Rasulullah dengan kuat hingga saya melihat permukaan bahu beliau membekas lantaran ujung selimut akibat tarikan Arab badui yang kasar. Arab badui tersebut berkata; "Wahai Muhammad berikan kepadaku dari harta yang diberikan Allah padamu", maka Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam menoleh kepadanya diiringi senyum serta menyuruh salah seorang sahabat untuk memberikan sesuatu kepadanya." (Muttafaqun 'alaihi)

Fawaid hadist :

1. Ketawadhu'an Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dalam berjalan bersama anak muda yang juga sebagai pelayan beliau.

2. Perhatian Sahabat dalam meriwayatkan hadist Nabi shalallahu alaihi wa sallam dengan rinci dalam masalah adab, terlebih lagi dalam masalah hukum.

3. Sebagai contoh bagi para da'i untuk bersabar dalam menyikapi tabi'at manusia, yang itu merupakan sebab diterimanya dakwahnya.

4. Ucapan (Yaa Muhammad) merupakan celaan bagi orang yang tidak mau dipanggil namanya tanpa memperhatikan keadaan orang yang memanggil tersebut.

(Dinukil dari kitab Arba'un Hadistan Fi at-Tarbiyah wal Manhaj, oleh Syaikh Abdul Aziz As-Sadhan hafidzahullahu)
Ustadz Eko Baskoro