Senin, 28 Agustus 2023

Barang siapa menjual rumah dan tidak dia jadikan harga (hasil penjualannya) untuk (membeli rumah) yang semisalnya, maka dia tidak akan diberkahi dalam penjualannya tersebut.”

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
" Barang siapa menjual rumah dan tidak dia jadikan harga (hasil penjualannya) untuk (membeli rumah) yang semisalnya, maka dia tidak akan diberkahi dalam penjualannya tersebut.”
(Shahih Ibnu Majah 2036)
Ustadz Enggar suprantara 
Penjelasan :
menurut Al Mula Ali Qari' Al.... Tanah termasuk dalam makna hadits ini. Beliau berkata dalam kitab Mirqatil mafatih syarh misykatil mashabih :

قَالَ الْمُظْهِرُ: " يَعْنِي: بَيْعُ الْأَرَاضِي وَالدُّورِ وَصَرْفُ ثَمَنِهَا إِلَى الْمَنْقُولَاتِ غَيْرُ مُسْتَحَبٍّ، لِأَنَّهَا كَثِيرَةُ الْمَنَافِعِ قَلِيلَةُ الْآفَةِ لَا يَسْرِقُهَا سَارِقٌ وَلَا يَلْحَقُهَا غَارَةٌ بِخِلَافِ الْمَنْقُولَاتِ، فَالْأَوْلَى أَنْ لَا تُبَاعَ وَإِنْ بَاعَهَا فَالْأَوْلَى صَرْفُ ثَمَنِهَا إِلَى أَرْضٍ أَوْ دَارٍ

Al-Muzh-hir berkata :
" Yakni menjual tanah dan rumah lalu dialokasikan hasil penjualannya untuk berbagai perabot (barang-barang yang bergerak) tidaklah dianjurkan. Karena hasil penjualan rumah (jika dibelikan rumah lagi) maka akan lebih banyak manfaatnya, sedikit bahayanya yang mana pencuri tdk bisa mencurinya dan tidak akan terkena perampokan. Hal ini berbeda barang-barang perabot. Maka yang lebih pantas adalah tanah dan rumah tidak dijual. Dan jika mesti menjualnya maka yang selayaknya adalah dialokasikan untuk beli tanah atau rumah."

Tetapi ini hanya bersifat arahan ya ustaz?

Tidak ada kaitan dengan halal dan haram ya?

وسواء كان الحديث صحيحا أو ضعيفا، فلم يقل أحد من أهل العلم بأنه يجب على من باع داره أو عقاره أن يضع الثمن في مثله، وإنما هذا من باب الإرشاد، وقد سئل العلامة ابن عثيمين رحمه الله عن هذا الحديث، فأجاب: بأن شواهد الشريعة تدل على أنه ليس بصحيح، لأن الإنسان إذا باع بيته، فإنه يتصرف في ثمنه بما شاء، لأنه ملكه، سواء اشترى به بدله أو حج به.... انتهى.

وقد وجه ابن عيينة الحديث السابق بقوله: إن الله تعالى يقول: وبارك فيها وقدر فيها أقواتها. فلما خرج من البركة ثم لم يعدها في مثلها لم يبارك له. انتهى.
https://www.google.com/amp/s/www.islamweb.net/amp/ar/fatwa/96001/
Nukilan dari Ustadz nurhadi nugroho

Nur Hadi Nugroho iya... Syaikh Utsaimin juga menyebutkan demikian :

هذا الحديث شواهد الشريعة تدل على أنه ليس بصحيح لأن الإنسان إذا باع بيته فإنه يتصرف في ثمنه بما شاء لأنه ملكه سواء اشترى به بدله أو حج به أو بذله في إعانةٍ على طلب العلم أو غير ذلك مما أباح الله له
Nukilan dari ustadz enggar