Minggu, 27 Agustus 2023

Fenomena Risywah (Sogok-Menyogok / Suap)

Fenomena Risywah (Sogok-Menyogok / Suap)

Allah Ta’ala berfirman,

سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ أَكَّالُونَ لِلسُّحْتِ

“Mereka itu (orang-orang Yahudi) adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak memakan as-suht’” (QS. al-Maidah : 42)

Dan para ulama tafsir menjelaskan diantara makna as-suht’ adalah risywah (uang sogok / suap). Dan perbuatan ini menjadi salah satu karakter orang-orang Yahudi.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda,
 
لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ الرَاشِى، وُاْلمُرْتَشَىِ

“Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melaknat yang memberi suap dan yang menerima suap” (HR. at-Tirmidzi)
 
Sebab utama seseorang melakukan sogok-menyogok adalah cinta dunia dan terlena dengan harta. Ingin membahagiakan anak dan istrinya setelah mendengar tangis dan rengekan mereka, tapi sayangnya tidak menempuh jalur yang semestinya. Padahal kita akan ditanya oleh Allah. Kelak di hari kiamat istri dan anak-anak kita tidak memikirkan kita, Allah berfirman,

يَوْمَ يَفِرُّ ٱلْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ (34) يَوْمَ يَفِرُّ ٱلْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ (35) وَصَٰحِبَتِهِۦ وَبَنِيهِ (36) لِكُلِّ ٱمْرِئٍ مِّنْهُمْ يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُغْنِيهِ (37)

“pada hari ketika manusia lari dari saudaranya, dari ibu dan bapaknya, dari istri dan anak-anaknya. Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang cukup menyibukkannya.” (QS. ‘Abasa : 34-37)

Risywah itu dilarang karena didalamnya ada unsur membenarkan sesuatu yang bathil dan membathilkan sesuatu yang benar.

(Faedah Nasehat Singkat Ustadz Dr. Abdullah Roy, MA حفظه الله subuh hari ini Senin, 11 Shafar 1445 H / 28 Agustus 2023 di Masjid Al-Mukhlishin Pontianak)

_Akhukum Noviyardi Amarullah_

——
Untuk fawaid lainnya bisa disimak di channel telegram https://t.me/darulilminoviyardi/598