Senin, 03 Mei 2021

Akan kujawab dengan alqur'an dan sunnahImam Al Baihaqi meriwayatkan dalam As Sunan Al Kubra (5/212) dari Ubaidullah bin Muhammad bin Harun Al Firyabi berkata, "Aku mendengar Asy Syafi'i di Makkah berkata

Akan kujawab dengan alqur'an dan sunnah

Imam Al Baihaqi meriwayatkan dalam As Sunan Al Kubra (5/212) dari Ubaidullah bin Muhammad bin Harun Al Firyabi berkata, "Aku mendengar Asy Syafi'i di Makkah berkata, "Silakan tanyai aku apa yang kalian mau. Aku akan menjawabnya dengan kitabullah dan sunnah Rasulullah."
Maka aku berkata, "Ashlahakallah, bagaimana pendapatmu dengan muhrim (orang yang sedang berihram) membunuh zanbur (tawon apabila menyerang)?"
Beliau berkata, " Bismillahirrahmanirrahim. Allah berfirman:
وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا ۚ 
"Apa apa yang diperintahkan oleh Rasul maka ambillah dan apa apa yang beliau larang maka tinggalkanlah."
Kemudian beliau menyebutkan hadits dengan sanadnya kepada Hudzaifah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
اقتدوا باللذين من بعدي أبي بكر وعمر
"Ikutilah dua orang setelahku nanti yaitu Abu Bakar dan Umar."
Kemudian beliau menyebutkan sanadnya kepada Umar bin Al Khathab bahwa beliau menyuruh seorang muhrim untuk membunuh tawon."
Ust abu Yahya