HANBALI DALAM AKIDAH
SYAFI‘I DALAM FIKIH
Imam Syamsuddīn As-Sakhāwī (w. 902 H) raḥmatullāh ‘alayh berkata tentang sosok Imam Al-Buqā‘ī:
قال شيخنا في أنبائه كان يشتغل بالعلم ويصحب الحنابلة ويميل إلى معتقدهم مع كونه شافعيا
“Mahaguru kami berkata dalam kitab Anbā’-nya, beliau (Al-Buqā‘ī) menyibukkan diri dengan Ilmu (belajar dan mengajar), bersahabat dengan golongan Ḥanabilah dan cenderung kepada akidah mereka, bersamaan keadaan/status beliau sebagai seorang Syāfi‘ī”. [Aḍ-Ḍaw’u Al-Lāmi‘, 2/303]
Imam Al-Buqā‘ī ialah Abul-Khayr Ismā‘īl bin ‘Alī bin Muhammad Al-Buqā‘ī Ad-Dimasyqī, salah satu pembesar mazhab Syafi‘i pada zamannya, wafat tahun 806 H raḥmatullāh ‘alayh. Adapun Syekh atau Mahaguru yang dimaksud oleh As-Sakhāwī adalah Al-Ḥāfiẓ Ibnu Ḥajar Al-‘Asqalānī (w. 852 H) raḥmatullāh ‘alayh, dan nukilan As-Sakhāwī ini benar-benar ada dalam kitab Anbā’ul-Gumar bi-Anbā’il-‘Umur (2/273) karya Al-Ḥāfiẓ Ibnu Ḥajar.
Dalam kitab Al-Majma‘ Al-Mu’assis li-Mu‘jam Al-Mufahris (3/90), Al-Ḥāfiẓ Ibnu Ḥajar Al-‘Asqalānī juga menerangkan dengan kalimat yang lebih tegas (tentang Imam Al-Buqā‘ī):
وكان شافعيا، لكنه علي معتقد الحنابلة
“Beliau seorang Syāfi‘ī, akan tetapi beliau diatas akidah Ḥanābilah”.[]
Jadi, istilah “Ḥanbali dalam Akidah dan Syāfi‘ī dalam Fikih” atau “Ḥanbali dalam Uṣūl dan Syāfi‘ī dalam Furū‘” sudah maklum sejak zaman dahulu. Ḥanbali, selain dikenal sebagai mazhab Fikih, juga masyhur sebagai mazhab Akidah. Hal ini dikarenakan, disamping membahas perihal fikih, Imam Ahmad juga banyak membahas perkara akidah dan kemudian diikuti oleh para pengikutnya hingga hari ini. Bandingkan dengan mazhab fikih lain, mazhab Syāfi‘ī misalnya, disamping ada yang mengikuti akidah Imam Asy-Syāfi‘ī (Akidah Salaf Ahlussunnah), ada juga yang mengikuti Akidah Asyā‘irah.
Sebagaimana diterangkan oleh Imam Ibnul-Jawzī (w. 597 H) raḥmatullāh ‘alayh dalam Al-Muntaẓam fī Tārīkh Al-Mulūk wal-Umam (14/29):
...، ثم تبع أقوام من السلاطين مذهبه فتعصبوا له [وكثر أتباعه] حتى تركت الشافعية معتقد الشافعي رَضِيَ اللَّه عَنْهُ ودانوا بقول الأشعري .
“kemudian, beberapa golongan dari penguasa mengikuti mazhabnya (Al-Asy‘arī) hingga ta‘aṣṣub (fanatik) padanya [dan bertambahlah pengikutnya], sehingga golongan Syāfi‘iyyah meninggalkan akidah Asy-Syāfi‘ī raḍiyallāhu ‘anhu dan ber-i‘tiqad dengan pemahaman Al-Asy‘arī.”[]
Adapun golongan Syāfi‘iyyah lain yang tidak bermazhab Al-Asy‘arī dalam akidah, dikemudian hari masyhur disebut Ḥanabilah dalam akidah/uṣūl. Dan, sejarah mencatat bahwa tidak sedikit ulama yang didapati berpegang dengan akidah Ḥanābilah, tetapi dalam fikih bermazhab Syāfi‘ī. Disamping Imam Al-Buqā‘ī, ada pula: Muhammad bin ‘Abdullah Aṭ-Ṭarābulusī, Ibrāhīm bin Dāwud Al-Amidī, Syamsuddin Aż-Żahabī, Ibnu Kaṡir, Al-Mizzī, Ibnul-‘Aṭṭār, dan banyak lagi yang lainnya.
Catatan:
1) Coretan ini berangkat dari status Ahmad Najib Al Muhasibi yang men-share tulisan saya yang berjudul “Mazhab Atsariyyah”, kemudian muncul komentar Abdussalam Yamjirin yang menarik perhatian saya (bisa anda lihat SS dibawah ini).
2) Tidak hanya dari kalangan Syāfi‘iyyah saja yang Ḥanbali dalam Akidah/Uṣūl, ada pula dari Mālikiyyah dan Ḥanafiyyah.
3) So, Akidah Imam Asy-Syāfi‘ī dan Imam Ahmad itu sama, yaitu Akidah Salaf Ahlussunnah.
Salam Persahabatan,
Alfan Edogawa
https://www.facebook.com/100007268449111/posts/2784008835184704/