[Ushul Fikih Mazhab Hanbali]
Ushul Fikih mazhab Hanbali kembali kepada dua kitab Utama:
1. Ushul Fikih karya Ibnu Muflih
2. Raudhatun Nazhir karya Ibnu Qudamah
Dua Ulama baik Ibnu Muflih dan Ibnu Qudamah sudah berkontribusi besar juga untuk basis mazhab Hanbali. Ibnu Muflih dengan Al-Furu dan Ibnu Qudamah dengan Al-Muqni. Jadi kedua Ulama ini berjasa besar baik dari Ushul maupun Furu'nya.
Ushul Fikih Ibnu Muflih bersumber dari tiga kitab karya para Ulama terkemuka di thabaqat Mutawashitin:
(1). Al-Uddah karya Abu Ya'la yang merupakan kitab Ushul Fikih mazhab Hanbali pertama yang lengkap membahas semua topik ushul fikih.
(2) Al-Wadhih karya Ibnu Aqil
(3) Al-Tamhid karya Abul Khattab
Kemudian dari Kitab Ushul Fikih Ibnu Muflih menjadi dasar bagi penulisan kitab "Tahrir Manqul" karya Al-Mardawi yang beliau syarah sendiri dengan judul "At-Tahbir Syarah At-Tahrir". Al-Futuhi meringkas kitab Tahrir Manqul dengan menghilangkan khilafnya menjadi kitab "Mukhtashar Tahrir" dan mensyarahnya menjadi "Syarah Al-Kaukabul Munir". Al-Ba'li meringkas Syarah Al-Kaukabul Munir menjadi "Adz-Dzakhr Al-Harir".
Dua kitab Al-Futuhi Ini menjadi pegangan Ushul Fikih bagi Hanabilah. Kemudian datang dari Amir Bahjat -ulama kontemporer- berusaha meringkas Mukhtashar At-Tahrir dalam bentuk Nazham untuk mempermudah mempelajarinya dan sebagai pintu masuk ke dalamnya yang dinamai sebagai "Nazham As-Shagir".
Dari kitab Ushul Fikih Ibnu Muflih Juga, muncul Ibnu Laham meringkasnya menjadi "Al-Mukhtashar fi Ushul Fiqh" yang disebut juga "Al-Ihkam fi ikhtishar Ushul Al-Ahkam". Al-Jurra'i mensyarah kitab ini dengan "Syarah Al-Mukhtasar fi Ushul Al-Fiqh".
Ibnu Abdil Hadi juga ikut meringkas Ushul Fikih Ibnu Muflih dan Al-Mukhtashar fi Ushul Fiqh Ibnu Laham dan menamai kitabnya sebagai "Ghayatus Suul" kemudian mensyarahnya sendiri dengan "Syarah Ghayatus Suul".
Jadi dari kitab Ushul Fikih Ibnu Muflih Lahir beberapa matan:
1. Tahrir Manqul.
2. Mukhtashar At-Tahrir
3. Nazham Shagir
4. Al-Mukhtashar fi Ushul Al-Fiqh
5. Ghayatus Suul
Adapun Raudhatun Nazhir merupakan kitab Karya Ibnu Qudamah yang beliau ringkas dari salah satu sumber primer Ushul Fikih bagi semua mazhab yaitu Al-Mustashfa karya Hujjatul Islam Abu Hamid Al-Ghazali. Beliau meringkasnya sesuai dengan mazhab Imam Ahmad. Ibnu Badran memberikan Hasyiyah untuk kitab ini yang berjudul "Nuzhah Al-Khatir Al-Athir"
At-Thufi kemudian meringkasnya menjadi "Mukhtashar Ar-Raudhah" yang juga dikenal sebagai "Al-Bulbul fi Ushul Al-Fiqh" dan mensyarahnya sendiri menjadi "Syarah Mukhtashar Ar-Raudhah". Mukhtashar At-Thufi kemudian diringkas kembali menjadi satu pendapat saja oleh Al-Kinani dalam kitab beliau "Bulghatul Wushul".
Jadi dari Raudhatun Nazhir Ibnu Qudamah lahir dua matan:
1. Mukhtashar Raudhah
2. Bulghatul Wushul
Selain itu, ada kitab-kitab ushul fikih lain yang dipelajari di kalangan Hanabilah yang tidak berasal dua kitab diatas:
1. Qawaidul Ushul wa Maaqid Al-Fushul karya Al-Qathii yang beliau ringkas dari kitabnya sendiri Tahqiqul Amal fi Ilmay Al-Ushul wal Jidal.
2. Majma Al-Ushul karya Ibnu Abdil Hadi yang dikenal juga sebagai "Qawaid Ushul Fiqh"
3. Al-Qawaid wal Fawaid Ushuliyah karya Ibnu Laham. Berisi Kaidah Ushul Fikih dan Praktek penerapannya dalam Furu'. Semisal kitab Takhrij Furu alal Ushul karya Az-Zanjani atau Al-Isnawi.
4. Al-Muswaddah karya Alu Taimiyah. Ini adalah karya kolektif dari Majduddin Ibnu Taimiyah (kakek), Syamyuddin Ibnu Taimiyah (Ayah), dan Taqiyuddin Ibnu Taimiyah (Cucu).
Penjelasan ini adalah uraian singkat mengenai kitab-kitab yang masyhur dipelajari sebagai usaha memahami Ushul Fikih Imam Ahmad. Kalau ada yang mau menambahkan silahkan di kolom komentar.
Ustadz jihan muhammad