يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ ۖ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ ۗ وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَن تَأْتُوا الْبُيُوتَ مِن ظُهُورِهَا وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَأْتُوا الْبُيُوتَ مِنْ أَبْوَابِهَا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ﴾
[ سورة البقرة: 189]
Mereka bertanya tentang Hilal. Katakan dia adalah penanda waktu dan haji.
Allah menyebut hilal sbg pnanda waktu (nash bkn dhohir)
Di dalam al quran yg mutawatir secara sanad + qothiy scr dilalah
Ada perintah rukyah yg merupakan perintah menggunakan indera shg merupakan sumber pengetahuan yg bersifat qoth'iy bkn dhonny.
Adakah istidlal yg lebih kuat dari ini?
Istidlal sekuat ini masih mau digeser dg tafsir tanpa landasan dalil, dg penafsiran yg tidak diketahui salaf baik secara lughoh/bahasa tdk pula scr 'urf/adat, sungguh hal itu bkn perkara remeh.
Hampir tdk ada khilaf.
Yg mengusung khilaf pun nukilan pendapatnya tdk spt yg dipertontontan.
Tasyri' sbgmn terjadi pada perkara yg ta'abbudy jg terjadi pada hal yg bersifat ta'aqquliy.
ومن لم يحكم بما أنزل الله فأولئك هم.....
أم لهم شركاء شرعوا لهم من الدين ما لم يأذن به الله
Hukum mencakup ta'abbudy & taqquly
Ad din/agama mencakup ta'abbudy & ta'aqquly
Sungguh ini bkn masalah kecil.
وَلَيْسَ الْبِرُّ بِأَن تَأْتُوا الْبُيُوتَ مِن ظُهُورِهَا وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَأْتُوا الْبُيُوتَ مِنْ أَبْوَابِهَا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ﴾
[ سورة البقرة: 189
Beristidlal dan berargumentasilah sesuai koridor dan pintu2nya.
Hendaknya kita bertakwa/takut kpd Allah mudah2n kita beruntung.
Ustadz noor ihsan silviantoro