Dalam beberapa kitab fikih madzhab hanbali ada ibarat :
ومن إئتم بقانت في فجر تابع الإمام وأمّن
Barang siapa yang bermakmum kepada imam yang qunut subuh, maka dia ikuti imam qunut dan mengaminkan nya.
Meskipun Qunut selain pada solat witir itu makruh dalam beberapa redaksi kitab fikih madzhab.
Namun Imam Ibnu Qudamah dalam al-Mugni membuat sebuah fasal :
إذا أخذ الإمام في القنوت، أمن من خلفه ، لا نعلم فيه خلافا.
Jika Imam memulai Qunut, maka makmum dibelakang nya mengaminkan nya, dan kami tidak tahu ada hilaf dalam masalah ini.
Syekh Abdurrahman Ibn Qasim dalam Hasyiah nya menukilkan ucapan :
قال الشيخ : وإذا فعل الإمام ما يسوغ فيه الإجتهاد تبعه المأموم فيه، وإن كان هو لايراه، مثل القنوت في الفجر …
Syekh berkata : Jika imam solat melakukan sesuatu yang boleh berijtihad disitu, maka makmum mengikuti imam dalam hal itu, meskipun dia sendiri (si makmum) tidak berpendapat demikian, misalnya seperti Qunut subuh.
Karena itu kalau saya pribadi jika bermakmum dibelakang Imam yang Qunut saya ikutan, tapi kalau tidak maka juga tidak Qunut ... mungkin kita beda
Ustadz ibnu majah