Sabtu, 18 Februari 2023

IBNU TAIMIYAH TOKOH WAHABI?

IBNU TAIMIYAH TOKOH WAHABI? 

Sebagian ahlul bid'ah mengatakan, bahwa Ibnu Taimiyyah adalah TOKOH WAHABI, ini perkataan yang sangat lucu. Kalau WAHABI yang dimaksud itu adalah pengikut Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab, maka bagaimana mungkin orang yang ratusan tahun sudah meninggal menjadi tokoh gerakan yang lahir kemudian? 

Harap di ketahui, Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab rahimahullah lahir tahun 1703 M dan meninggal tahun 1792 M, sedangkan Ibnu Taimiyyah rahimahullah lahir tahun 1263 M dan meninggal tahun 1328 M.

Ada juga yang mengatakan, Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab rahimahullah terpengaruh ajaran Ibnu Taimiyyah rahimahullah. 

Yang terpengaruh ajaran Ibnu Taimiyyah rahimahullah itu banyak, terutama murid-muridnya yang mayoritas menjadi ulama-ulama besar. Ulama-ulama ahlussunnah wal jamaah rujukan kaum muslimin sampai saat ini. Bukan hanya Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab rahimahullah. Apakah mereka juga Wahabi yang dianggap sesat dan menyimpang? 

Diantara murid-murid Syekhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah :

Ibnu Qayyim

Adz Dzahabi

Ibnu Katsir

Ibnu Rajab Al Hanbali

Jamaluddin Al Mizzi

Muhammad Bin Muflih 

Ibnu Qadii Al Jabal

Alimuddin Al-Birzaaliy

Umar Bin Ali Al Bazaar

Ibnu Fadhl Al Umari

Ibnu Syeikh Al-Hazamin

Ibnul Annajiih Al Harani

Dan lain sebagainya (murid-murid beliau) yang begitu banyak, semoga Allah Ta'ala merahmati Ibnu Taimiyyah dan murid-muridnya. 

Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab rahimahullah dakwahnya sama seperti ulama-ulama terdahulu, baik sebelum Ibnu Taimiyyah rahimahullah, maupun sesudah Ibnu Taimiyyah rahimahullah, yakni mengajak manusia untuk mentauhidkan Allah Ta'ala semata dan menjauhi kesyirikan. Mengajak kepada sunnah dan menjauhi bid'ah 

Ahlul bid'ah sudah kehilangan akal sehatnya untuk memfitnah, menuduh dan membuat hoax terhadap dakwah ahlussunnah Syekh Muhammad Bin Abdul Wahhab rahimahullah yang mereka gelari Wahabi.

Kebenaran akan ditolong walaupun banyaknya penghalang dan rintangan yang menghalangi, alhamdulillah sampai saat ini dakwah salafi ahlussunnah tersebar diseluruh pelosok dunia dan belahan bumi, dari timur ke barat, dari utara sampai selatan, tidak terkecuali di negeri ini. 

Berkata Al Imam Ibnul Qayyim rahimahullah:

الحق منصور وممتحنٌ فلا تعجب فهذي سنة الرحمن وبذاك يظهر حزبه من حزبه ولأجل ذاك الناس طائفتان

Kebenaran (al-haq) itu akan senantiasa mendapatkan pertolongan, namun juga penuh dengan rintangan

Maka engkau tidak perlu heran, karena semua itu sudah menjadi ketetapan Allah yang Maha pengasih

Dengan itulah, akan nampak jelas mana tentara Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mana musuhnya

Dan dengan itu pula, manusia terpisah menjadi dua kelompok (antara yang selamat dan yang tersesat). (Syair An Nuniyah (1/17)). 

AFM