Jumat, 24 Februari 2023

Celaan Ulama Terhadap Ilmu Filsafat dan Ilmu Kalam yang Batil

Celaan Ulama Terhadap Ilmu Filsafat dan Ilmu Kalam yang Batil

Imam Nuh Al-Jaami’ rahimahullah berkata :

قُلْتُ لِأَبِي حَنِيفَةَ: مَا تَقُولُ فِيمَا أَحْدَثَ النَّاسُ مِنَ الْكَلَامِ فِي الْأَعْرَاضِ وَالْأَجْسَامِ؟ فَقَالَ: (مَقَالَاتُ الْفَلَاسِفَةِ، عَلَيْكَ بِالْأَثَرِ وَطَرِيقَةِ السَّلَفِ، وَإِيَّاكَ وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ، فَإِنَّهَا بِدْعَةٌ)

"Aku bertanya kepada Abu Hanifah, 'Bagaimana pendapatmu mengenai perkara yang diada-adakan oleh orang-orang, yaitu kalam (pembicaraan) tentang sifat dan jisim?”.
Maka beliau menjawab: “Itu adalah perkataan-perkataan Ahli Filsafat! Hendaklah engkau mengikuti riwayat dan jalan Salaf! Jauhilah semua perkara baru (dalam agama), sesungguhnya itu adalah bid’ah!”
(Ahadits fii Dzammil Kalam wa Ahlihi, hlm. 86)

Imam 'Abdurrahman bin Mahdiy rahimahullah berkata :

دَخَلْتُ عَلَى مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ وَعِنْدَهُ رَجُلٌ يَسْأَلُهُ عَنِ الْقُرْآنِ، فَقَالَ: لَعَلَّكَ مِنْ أَصْحَابِ عَمْرِو بْنِ عُبَيْدٍ، لَعَنَ اللَّهُ عَمْرًا، فَإِنَّهُ ابْتَدَعَ هَذِهِ الْبِدَعَ مِنَ الْكَلَامِ، وَلَوْ كَانَ الْكَلَامُ عِلْمًا لَتَكَلَّمَ فِيهِ الصَّحَابَةُ وَالتَّابِعُونَ كَمَا تَكَلَّمُوا فِي الْأَحْكَامِ وَالشَّرَائِعِ، وَلَكِنَّهُ بَاطِلٌ، يَدُلُّ عَلَى بَاطِلٍ

“Aku masuk menemui (imam) Maalik bin Anas, dan di dekatnya ada seorang laki-laki yang bertanya tentang Al-Qur’an, maka beliau berkata, “Mungkin engkau termasuk murid-murid ‘Amr bin ‘Ubaid. Semoga Allah melaknat ‘Amr (bin ‘Ubaid), dia telah membuat bid’ah (ilmu) kalam, jika kalam merupakan ilmu, niscaya para sahabat dan para tabi’in telah berbicara (dengan ilmu kalam) tentang hukum-hukum dan syari’at-syari’at. Tetapi itu (ilmu kalam) adalah kebatilan dan menunjukkan kepada kebatilan”.
(Ahadits fii Dzammil Kalam wa Ahlihi, hlm. 96-97)

Imam Asy Syafi’iy rahimahullah berkata :

وما شيء أبغض إلي من الكلام وأهله

“Tidak ada sesuatu yang lebih aku benci daripada ilmu kalam dan ahli-kalam.” 
(Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 10/19-20)

Beliau rahimahullah kembali berkata :

حكمي في أهل الكلام أن يضربوا بالجريد، ويحملوا على الابل، ويطاف بهم في العشائر، ينادى عليهم: هذا جزاء من ترك الكتاب والسنة، وأقبل على الكلام

“Hukumanku bagi ahli kalam adalah mereka dipukul dengan pelepah kurma, lalu dinaikkan di atas onta, dan dibawa keliling ke tengah-tengah orang banyak, lalu diserukan atas mereka : ‘Inilah balasan bagi orang-orang yang meninggalkan Al-Kitaab dan As-Sunnah, dan malah memilih ilmu kalam.” 
(Idem, 10/29)

Imam Asy Syafi’iy rahimahullah mengatakan :

لَوْ أَنَّ رَجُلًا أوصى بكتبه من الْعِلْمِ لِأَحَدٍ، وَكَانَ فِيهَا كُتُبُ الْكَلَامِ لَمْ يَدْخُلْ فِي الْوَصِيَّةِ، لَأَنَّهُ لَيْسَ مِنَ الْعِلْمِ

“Jika seseorang mewasiatkan kitab-kitab ilmunya untuk orang lain, dan di dalam kitab-kitabnya itu ada kitab-kitab ilmu kalam, maka kitab-kitab ilmu kalam itu tidak masuk di dalam wasiat, sebab ilmu kalam itu bukan ilmu!”
(Ahadits fii Dzammil Kalam wa Ahlihi, hlm. 90)

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata :

وقال أبو عبد الرحمن السلمي: سمعت عبدالرحمن بن محمد بن حامد السلمي، سمعت محمد بن عقيل بن الازهر يقول: جاء رجل إلى المزني يسأله عن شئ من الكلام، فقال: إني أكره هذا، بل أنهى عنه كما نهى عنه الشافعي، لقد سمعت الشافعي يقول: سئل مالك عن الكلام والتوحيد، فقال: محال أن نظن بالنبي صلى الله عليه وسلم أنه علم أمته الاستنجاء، ولم يعلمهم التوحيد، والتوحيد ما قاله النبي صلى الله عليه وسلم: " أمرت أن أقاتل الناس حتى يقولوا لا إله إلا الله " ، فما عصم به الدم والمال حقيقة التوحيد.

Dan telah berkata Abu ‘Abdirrahmaan As-Sulamiy; Aku mendengar ‘Abdurrahmaan bin Muhammad bin Haamid As-Sulamiy (berkata); Aku mendengar Muhammad ‘Uqail bin Al-Azhar berkata : 

"Datang seorang laki-laki kepada Al-Muzanniy untuk bertanya tentang ilmu kalam. Ia (Al-Muzanniy) menjawab : “Sesungguhnya aku membencinya, bahkan aku melarangnya sebagaimana Asy-Syaafi’iy melarangnya. Aku pernah mendengar Asy-Syaafi’iy berkata : “Maalik pernah ditanya tentang ilmu kalam dan tauhid. Ia menjawab : ‘Mustahil kita menyangka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan umatnya tentang istinjaa’, namun tidak mengajarkan ketauhidan. Tauhid itu adalah yang disabdakan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka mengucapkan Laa ilaha illallaah’. Segala sesuatu yang dengannya darah dan harta seseorang dapat terjaga, maka itulah hakekat tauhid." 
(Siyaru A’laamin-Nubalaa’, 10/26)

Imam Adz-Dzahabi rahimahullah kembali berkata :

وصح عن الدارقطني أنه قال: ما شئ أبغض إلي من علم الكلام.
قلت: لم يدخل الرجل أبدا في علم الكلام ولا الجدال، ولا خاض في ذلك، بل كان سلفيا

Telah shahih dari Ad-Daruquthniy bahwasannya ia berkata : “Tidak ada sesuatu yang aku benci melebihi ilmu kalam”.

Aku (Adz-Dzahabiy) berkata : “Beliau tidak masuk sama sekali dalam ilmu kalam dan jidal, serta tidak pula mendalaminya. Bahkan dia seorang salafy.” 
(Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 16/457, Muassasah Ar-Risaalah, Cet. 9/1413. Lihat juga kitab Al-Hilyah oleh Bakr Abu Zaid, hal. 12, Daarul-‘Ashimah, 1415 H)