Minggu, 26 Februari 2023

Taubatnya Imam Al-Haramain dari Ilmu Kalam

Taubatnya Imam Al-Haramain dari Ilmu Kalam

Al-Imam Abul Ma'ali Al-Juwaini (Al-Haramain) berkata : 

يَا أَصْحَابَنَا لَا تَشْتَغِلُوا بِالْكَلَامِ فَلَوْ عَرَفْتُ أَنَّ الْكَلَامَ يَبْلُغُ بِي إِلَى مَا بَلَغَ مَا اشْتَغَلْتُ بِهِ وَقَالَ عِنْدَ مَوْتِهِ لَقَدْ خُضْتُ الْبَحْرَ الْخِضَمَّ وَخَلَّيْتُ أَهْلَ الْإِسْلَامِ وَعُلُومَهُمْ وَدَخَلْتُ فِي الَّذِي نَهَوْنِي عَنْهُ وَالْآنَ فَإِنْ لَمْ يَتَدَارَكْنِي رَبِّي بِرَحْمَتِهِ فَالْوَيْلُ لِابْنِ الْجُوَيْنِيِّ وَهَا أَنَا ذَا أَمُوتُ عَلَى عَقِيدَةِ أُمِّي أَوْ قَالَ عَلَى عَقِيدَةِ عَجَائِزِ نَيْسَابُورَ

“Wahai sahabat-sahabat kami, janganlah kalian disibukkan dengan ilmu kalam. Aku tahu sampai di mana ilmu kalam itu membawa diriku, ketika aku juga disibukkan dengan ilmu kalam”. 

Ketika menjelang wafat beliau berkata: “Aku telah menyelami lautan yang luas, kutinggalkan pemeluk Islam dengan ilmu-ilmu mereka, aku justru menyelami ilmu yang mereka larang. Kini kalau aku tidak dinaungi Rahmat Rabb ku sungguh celaka bagi Ibnu Juwaini. Inilah diriku yang mati membawa keyakinan aqidah ibuku.”

Ada riwayat bahwa beliau mengatakan membawa keyakinan wanita-wanita negeri Naisabur (yaitu aqidah yang benar).”

[Majmu' Al-Fatawa, 4/48]