Selasa, 21 Februari 2023

Menghitung biaya umroh Mandiri

Menghitung biaya umroh Mandiri 

Join Group untuk sharing info & diskusi sputar umroh mandiri : https://chat.whatsapp.com/Fi5K0cM8GARKQQxyMJg7iA

Summary nya, misal untuk program 12 hari umroh privat ber-2 orang, 1 kamar penginapan utk 2 orang berdasarkan yang kita lakukan kemarin (walau kemarin kita 1 bulan di Saudi dan kadang ber-8, kadang ber-2 per kamarnya tapi coba saya hitungkan umroh durasi 12 hari spt umroh biasanya)

1. Tiket pesawat : 15 juta
2. Visa : 3,5 juta
3. Penginapan 5 hari Madinah : 800 ribu (80 riyal diisi 2 orang, 40riyal/org/malam, 200 riyalx4.000 = 800rb)
4. Penginapan 5 hari Mekah : 800 ribu
5. Transport Bus Saptco Mekah-Madinah : 70riyal, skitar 300 ribu
6. Makan 10 hari di mekah Madinah : 1,5 juta
7. City Tour Mekah : 400 ribu
8. City Tour Madinah : 400 ribu
9. Porter bagasi : 100 ribu
10. Siskopatuh : 0 rupiah, kl beberapa orang aja ga perlu, kl rombongan perlu, biayanya 350ribu (optional, ga dmasukkan hitungan karena ini utk hitungan berangkat 2 orang, bukan rombongan)

Sekitar 22 juta-an untuk 12 hari umroh, 10 hari di mekah Madinah, 2 hari di perjalanan jkt-jeddah-jkt. biaya bisa diset naik turun terserah kita dalam memilih hotel nanti.

Saya mulai dari tiket pesawat dulu
Item ke-1. Tiket Pesawat
Harga tiket pesawat ini yang paling menentukan besaran biaya totalnya. Kalau bisa dapat promo murah Maka total biaya akan murah. Karena dari 22jt-an diatas, 15 juta nya adalah tiket pesawat itu sendiri.
Harga normalnya tiket pesawat PP sekitar 12-16juta, harga promo dibawah 10 juta, hanya saja kalau promo itu bisanya untuk beberapa orang saja, kalau belasan atau puluhan orang, harganya akan naik diatasnya ke harga normal. 

Belinya dimana?
1. Tiket.com atau traveloka 
2. Skyscanner 
3. Penjual tiket pesawat khusus Umroh di group2 WA/FB (saya sertakan screenshotnya di foto)
4. Agen tiket umum
5. Teman yg punya member maskapai. 

Point 1 tiket.com ini paling mudah, bayar jg bisa transfer, atm, indomaret dll namun ternyata semurah2 nya harga disini, masih diatas yang dtawarkan pihak lain.
Point 2 skyscanner, tinggal install di hp atau buka lewat web nya, kemudian masukkan dari Jakarta tujuan Jeddah PP, tinggal pilih harga terendah. namun belinya yg aman pilih yg melalui web maskapainya, Dan pembayaran pakai kartu credit atau pakai kartu debitnya jenius atau bank jago yg bisa utk sbg kartu credit sesuai isi saldo.
Point 3 penjual tiket khusus umroh di group fb/wa, ini biasanya tiketnya direct ga pakai transit, walau ada juga yang transit
Point 4 penjual tiket pesawat secara umum
Point 5 ini jalur pertemanan dengan yg punya member maskapai, bukan penjual tiket pesawat kesibukan utamanya, nilai plus nya harga bisa lebih murah dari skyscanner, tiket.com, traveloka tapi ya minus nya selonggarnya waktunya, ga bisa diburu2, kurang cocok kl mepet dan kurang cocok kl kurang sabaran hehe. Saya pakai ini, tapi ga rekomen kl tidak terlalu saling kenal, khawatir kalau kemudian complain ini itu karena kl tidak kenal kan kurang percayaan, khawatir uangnya hilang dll

Tiket gratis pulang juga bisa tp diblacklist hehe, caranya overstay dulu di saudinya kemudian menyerahkan diri ke Tarhil (kayak penampungan) nanti otomatis didatengi petugas dibawa, banyak nanti berkumpul dengan tki2 kaburan disana, setelah beberapa minggu kemudian dipulangkan gratis naik pesawat hehe, tapi diblacklist minimal 5 tahun sampai seumur hidup ga bisa lagi ke Saudi hehe.

Tips kalau mau hemat, sering2 cek tiket promo, bgitu dapet murah langsung beli aja, terlebih kalau harga PP dibawah 10juta, gercep aja segera bayar. Visa umroh sangat gampang, sehari jadi, tp kalau tiket promo bisa jadi hitungan menit aja udah hilang. 

kemudian kalau pakainya garuda, maka landingnya di bandara haji umroh jeddah bukan bandara international jeddah, walaupun keduanya cuman dipisahkan jalan besar aja ditengahnya. namun perbedaanya kalau di bandara international kita tinggal pesen taksi online careem, uber, maxim dll atau pakai taksi yang ada di bandara, atau dijemput teman semua kendaraan bisa masuk ke bandara ini. yang jadi masalah kalau di bandara haji & umroh jeddah, ini kita ga bisa berkutik, kendaraan umum tidak bisa masuk, walhasil biasanya kita nego sama supir bis yg orang indonesia yang ada utk bisa ikut numpang karena ga ada pilihan lain, mobil pribadi, taksi dll ga bisa masuk. 

Item ke-2 Visa
Sekarang sudah banyak yang jualan nawarin visa di group2 FB atau WA misalnya seperti berikut, yang lebih murah dari ini juga ada.

Visa Umroh
⿡Private VVIP kurang dari 24 jam $250 USD. Syarat scan paspor dan tidak overstay.
⿢Private $220 regular proses 1-5 hari semenjak input data ke system. 
✅Visa
✅BRN
✅Tidak ada biaya tambahan kalau visa dipakai lebih dari sebulan.

⿣Kelompok
✅Visa
✅BRN
✅Bis
✅Tasrih Roudhoh

Group
41 - 50 pax 180$ 
36 - 40 pax 185$ 
31 - 35 pax 190$
25 - 30 pax 195$
20 - 24 pax 200$

Harganya variatif ada yang lebih murah juga, yang lainnya saya sertakan di gambar foto.  
Kemarin kita visa dapat harga 3,5jt per orang sehari jadi, kemudian dapat bis gratis penjemputan di bandara Jeddah diantarkan sampai hotel di Madinah tanpa perlu bayar apa2 lagi ke supir/bis nya. Hanya pas mau ngambil koper di bandara Jeddah dikenai biaya porter 10 riyal (40rb) per koper, mau kita bawa sendiri ga boleh. 

Belinya pun mudah cukup transfer dan kirim scan paspor aja kita kemarin, tanpa beli tiket ataupun booking penginapan terlebih dahulu.
Kalau untuk rombongan bis nya gratis 5x malah, saat kedatangan di Jeddah, saat city tour mekah, saat city tour Madinah, saat dari mekah ke Madinah, saat kepulangan ke bandara.
Kalau untuk rombongan termasuk tasreh yang dipakai untuk masuk ke raudoh di masjid Nabawi Madinah. 
Saya sertakan link info pembelian visa, tp ini termasuknya ada yg mahal ada yg murah, silahkan dbanding2 kan dulu aja, termasuk dengan yg biasa dtawarkan di group2 WA
 
https://zamzam-mandiri.com/transaksi/visa
https://astridutamandirisurabaya.id/transaksi/visa
https://asamuliatour.com/listings/visa-umrah-1444h-66pdavx7wp
https://alfauzigroup.com/halaman/visa-umrah-murah
https://zaratravel.co.id/transaksi/visa
https://xit.erahajj.co.id/transaksi/visa
info pembelian visa lainnya cek di foto

 
Item ke-3 : Penginapan 
Untuk penginapan ini kita bisa milih sendiri, mau yang mewah bintang 5, mewah biasa, penginapan biasa, sampai kos-kosan. Yang kos-kosan ini pun ekstrim murah 1jt rupiah/bulan juga ada walaupun ya jangan dibandingkan dengan penginapan hotel mah jauh seperti langit dan bumi. kalau mau yang dekat banget dan hotel bintang, maka tinggal siapkan tambahan 2-4juta di mekah dan 2-4juta di madinah, bisa pesen online banyak, yg gampang pakai traveloka misalnya.

Ini penginapan cukup tricky ya, soalnya ga bisa secara online belinya untuk bisa dapatin harga 80 riyal per kamar. Adanya diatas 100-an riyal ataupun kalau ada yg murah tp lokasinya jauh diatas 1Km ataupun bahkan yang harus pakai bus shuttle, walaupun bisnya gratis. Tp tetep lebih enak yang cukup jalan kaki. 

Kamarnya bisa diisi 2 orang ataupun 8 orang harganya sama 80 riyal, itu kemarin kita berdasarkan nego2 an saat di tempat bermodalkan pencet2 kalkulator di HP. Penginapan di Mekah Namanya Dar Al Qadi di daerah Misfalah, 10-15 menit jalan kaki dan jalannya datar semua ga naik turun, cuman masuk2 gang aja tidak di pinggir jalan raya besar persis, masuk gang sedikit. Kontak nya ini Wa.me/966554658914 Kemarin saya minta nomor kontaknya itu, tapi kalau mengenai harga sepertinya berbeda antara kalau WA dengan pas nego di hotelnya langsung
Map nya disini : https://maps.google.com/?q=21.4157361,39.8205593
Foto2 Video hotel & kamarnya ada terlampir. 

Dari 80 riyal Kalau diisi 2 orang, maka perhitungannya 40 riyal/org/malam dikali 5 malam = 200 riyal, skitar 800rb
Dari 80 riyal Kalau diisi 4 orang, maka perhitungannya 20 riyal/org/malam dikali 5 malam = 100 riyal, skitar 400ribu

Sebenernya kalau lihat di youtube ada juga yang lebih murah 50-60 riyal, tapi kita udah capek muter-muter seharian semalaman sejak datang dari Madinah dinihari langsung umroh sampai menjelang subuh, kemudian masih muter2 ketemuan dengan temen jadi ya udah gpp nginap disitu aja.

Adapun yang di Madinah kita 80 riyal juga bisa diisi 8 orang atau 10 riyal/orang/malam atau sekitar 40 ribu. Ini masalahnya ga ada nama hotelnya, ga ada nomor hp nya, hasil keliling2 nanya yang sekiranya ada resepsionisnya kita datangi satu persatu dan kemudian nego tawar2 an harga pakai kalkulator hp. Penginapan di Madinah jaraknya 10-15 menit jalan kaki, disekitar masjid Bilal, disini isinya orang2 pakistan Bangladesh, ga ada ataupun jarang orang Indonesia nginap disini. Penginapan disini itu penginapan travel atau hamla istilahnya yang hanya ada isinya orang yg nginap di hari jumat dan sabtu saja sesuai hari libur di Saudi, selain hari tersebut seluruh 4 lantai penginapan kosong melompong kecuali kita. Jadi mereka yang jarak jauh seperti dari daerah Riyadh yang sekitar 10-12 jam perjalanan naik bus berangkat kamis siang, kemudian sampai jumat menjelang subuh mereka menginap di hotel tersebut dulu, sampai kemudian sabtu mereka pulang dan penginapan pun kosong kembali. Dan enaknya disini deket sama toko Indonesia al munif, jadi mudah utk nyari sarapan lontong sayur, bubur ayam, nasi kuning, mie goreng, gorengan, jajan pasar dll. Serta lebih dekat untuk lewat jalan pedestrian besar yang menuju ke masjid quba. Tinggal jalan kaki habis subuh biasanya kita di hari sabtu, sambil ngobrol2 gak kerasa dah sampai, sekitar setengah jam, banyak rombongan jamaah2 yang juga jalan kaki sehabis subuh ke masjid quba dari masjid Nabawi.

Ini sebagian hotel yang kita datangi, yang dibawah 100 riyal/hari malah lupa kedata, karena seringkali tidak ada tulisan nama hotelnya, kita cuman inisiatif mendatangi tempat2 yang terlihat dari luar ada seperti meja resepsionisnya. 
🏨 Hunting Hotel & Resort Madinah
1. Jawad Al Ahmar
1 kamar/5 orang/hari: 150 SAR
Per Bulan: Tidak Ada
tidak bisa ditawar

2. Manar Al Madenah Center
1 kamar/5 orang/hari: 150 SAR
Per Bulan: Tidak Ada
tidak bisa ditawar

3. Dar Abu Khaled
1 kamar/5 orang/200 SAR
1 kamar/5 orang/100 SAR : 1 minggu (700 SAR)
Hasil Tawaran
1 kamar/ 5 orang/malam : 100 SAR
Ada kulkas, kamar mandi dan dapur

4. Dar Sujan
1 kamar/ 5 orang/malam : 150 SAR
Kontak: 053 936 0241

5. Hotel Maden
1000 riyal/night/room (4 orang)
1350 riyal/night/room (2 orang)

6. Zam Zam Pullman Hotel dan Resort
Konfirmasi ke Email
Bisa bulanan

7. Ragad Al Madina
6000 SAR/Bulan
18.000/3 Bulan
untuk 20 orang
6 kamar, 3 kamar mandi, jemuran, dapur
hasil tawaran
16000 SAR 3 bulan dari Januari - Maret

Item 4 : Transportasi
Untuk yang beli visa nya hanya beberapa orang saja, bukan rombongan, maka kita musti mikirin transportasi, karena musti mandiri. 
Untuk perpindahan dari mekah ke Madinah ataupun sebaliknya, bisa menggunakan bus saptco seharga 70 riyal, skitar 280rb sekali jalan ataupun naik kereta cepat ada yg ekonomi sekitar 700rb-an dan 1,5jt an yang kelas bisnis. 

Untuk keliling2 mekah banyak bus gratis yang bisa dicoba sepuasnya. Dari mekah kalau mau ke Jeddah kita biasanya naik angkot mobil van putih isi 10 orang dalam 1 mobil van, biayanya 15 riyal, turunnya di Jeddah di bab mekah nyebutnya. Demikian sebaliknya missal kita dari jedah mau ke mekah, maka di jedah kita pergi ke bab mekah dulu, naik angkot van putih ke mekah. 
Untuk ke thaif juga ada angkot mobil van, demikian juga kalau mau ziarah keliling2 mekah, itu setelah sholat fardhu sudah pada nunggu di deket hotel dar at tauhid di mekah, kalau angkot mobil van harganya sudah tetap, semua penumpang sama, ga perlu tawar menawar. Ada juga angkot van yang menawarkan ziarah 10 riyal, tapi ya hanya beberapa tempat saja, lumayan juga sih, sisanya bisa sendiri. 

Diluar itu ya naik taksi, terutama di Madinah, tidak ada banyak pilihan bus seperti di mekah, praktis harus menggunakan taksi, pakai tawar-tawaran dulu, cara mudah menentukan harga adalah pakai google map dari lokasi skarang ke lokasi yang kita tuju, kemudian berapa angka menitnya itu yang kita jadikan patokan harganya, biasanya diatasnya sedikit, missal 22 menit, maka harga yang pas adalah 25 riyal. contohnya misal kita mau main ke kampus universitas islam madinah dari masjid nabawi, kita pakai google map itu skitar 13 menit, maka kalau kita naik taksi biasanya angka yang pas adalah 15 riyal.

Untuk yang beli visa nya rombongan, maka ga perlu mikirin transport, udah include bus kemana-mana mau city tour tinggal naik bus depan hotelnya. 

Item 5 : makanan
Kalau ikut travel, anggaran makanan biasanya adalah 40 riyal per hari, atau skitar 160rb/hari. Saya biasanya kalau pagi itu makan di toko Indonesia beli nasi kuning atau nasi bungkus 6 riyal sama gorengan 1 riyal, katakanlah pagi 10 riyal. Siang beli nasi biryani atau nasi bukhori atau nasi mandi yang 15 riyal tinggal divariasi biar ga bosen, bisa untuk dimakan 2 orang karena porsi besar orang sini makannya, cukup untuk porsi 2 orang di kita. Malam bisa masak nasi krn bawa rice cooker, tinggal beli broast chicken bisa dari albaik ataupun lainnya, cuman albaik ngantrinya lama jadi males, bisa dari yang sejenis aja, sekitar 17 riyal bisa untuk dimakan ber-3 kalau kita makan pakai nasi rice cooker, sehingga sehari ya 30 riyal 3x makan, sekitar 120ribu, kalau utk 10 hari makan ya 1,2 juta atau jadikan 1,5 juta sekalian buat sesekali makan yang mahal 20-40 riyal sekali makan. 

item ke-6 : Muthowif, ini jasanya 250 riyal per hari, skitar 1 jt-an, karena kita sudah pernah umroh sebelumnya, jadi kita tidak menggunakan muthowif. tp kl rombongan apalagi banyak, sebaiknya pakai muthowif, ada group nya dan banyak kok muthowif tinggal pilih

selebihnya diskusi di group aja ya sharing2 insya Allah kita bantu brdasarkan pengalaman yang kita jalani.
https://chat.whatsapp.com/Fi5K0cM8GARKQQxyMJg7iA
tenang aja saya bukan travel, bukan agen umroh dan ga nyari uang dari jualan paketan umroh, skedar group untuk sharing2 aja berdasarkan pengalaman, untuk mensupport temen2 yang mau umroh mandiri. toh infonya jg saya dapetnya dari group2 umroh FB dan group2 umroh WA
Dedi gunawan 
https://www.facebook.com/591491464/posts/pfbid02vhSygpyBk9haqSrrxzoR2tuK4HCrmg4J97oFNbQZBbRBcxiM7wcBCo1EJm6LuzLhl/?mibextid=Nif5oz