Kamis, 02 Februari 2023

AS-SULAIMANIYAH KUTUPHANESI

AS-SULAIMANIYAH KUTUPHANESI

Salah satu manuskrip kitab Al-Hisbah karya Ibnu Taimiyah ada di perpustakaan As-Sulaimaniyah di Turki.
Setidaknya itu informasi yang saya dapatkan dari penelitian Fuad Al-Amry. Fuad menulis tesis magisternya di universitas Ummul Qura dengan mentahqiq kitab Al-Hisbah.

Saya sangat penasaran dengan keberadaan As-Sulaimaniyah Library ini.
Sempat bertanya dengan salah satu kenalan di Turki tentangnya.
Akan tetapi saya dapatkan informasi yang lebih lengkap di salah satu website.

Ternyata memang benar, inilah alasan Fuad mencantumkan 2 manuskrip Al-Hisbah dari As-Sulaimaniyah Kutuphanesi (Library), yaitu bahwa perpustakaan ini adalah perpustakaan  terbesar yang berisikan manuskrip yang ada di dunia arab. Jumlahnya mencapai 100.000 naskah. Dan kitab yang sudah tercetak mencapai 200.000.

Mohon doanya dari teman-teman semua, saya diagendakan sidang tesis insya Allah di bulan ini.
Penelitian saya tentang kitab Hisbah karya Ibnu Taimiyah di bawah bimbingan Ustadz Dr. Abd Misno Mohd Djahri.
Lebih lengkapnya insya Allah akan diupload setelah dinyatakan lulus sidang.
Ustadz aziz abdurahman